sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Rabu, 26 Feb 2020 16:34 WIB

Ada 'Pria Punya Selera' di Jersey Persib 2020, Bolehkah?

Randy Prasatya - detikSport
Persib Bandung Ada 'Pria Punya Selera' di jersey Persib Bandung 2020. Bolehkah? (Foto: detikcom/Yudha Maulana)
FOKUS BERITA Kick-off Liga 1 2020
Jakarta -

Persib Bandung memiliki sponsor yang identik dengan produk rokok. Pria Punya Selera ada di jersey Maung Bandung 2020.

Persib telah merilis jersey untuk Shopee Liga 1 2020. Di jersey tersebut ada tulisan 'Pria Punya Selera' di bagian pundak kanan dan kiri. Pria Punya Selera adalah tagline milik rokok Gudang Garam. Font tersebut juga serupa.

Artinya, Persib melanggar surat edaran larangan dari PT Liga Indonesia Baru (LIB). Terkait tidak diizinkannya klub menjalin kerja sama komersil dengan produk yang berkaitan langsung brand rokok, minuman beralkohol, dan situs perjudian.

Landasan peraturan terkait hal tersebut diambil LIB dari PP No. 109 Tahun 2012 tentang pengamanan bahan yang mengandung zat adiktif, berupa produk tembakau bagi kesehatan.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, saat berdiskusi dengan media di Garuda Store, Selasa (25/2/2020), menyebut bahwa ada aturan sponsor terkait rokok dan alkohol mengatur di sepakbola.

Iriawan menyampaikan hal itu saat ditanya terkait Tira Persikabo yang menerima sponsor dari rumah judi. Sebelum akhirnya LIB mengeluarkan edaran larangan yang ditandatangani Direktur Umum, Cucu Somantri.

"Tidak ada aturan yang mengatur sponsor dari situs judi. Hanya ada aturan sponsor yang berkaitan dengan rokok dan alkohol. Kasus ini menjadi yang pertama di Indonesia. Di luar negeri ini biasa, ini hanya soal kepatutan," kata Iriawan.

Di sisi lain, FIFA malah sangat menolak rokok untuk masuk dalam sepakbola. Itu tertuang dalam Tobacco-Free Policy for FIFA Events, yang ditandatangani oleh Sekjen FIFA Fatma Samba Diouf Samoura.

"FIFA tidak akan mempromosikan konsumsi produk tembakau atau e-rokok melalui iklan, dukungan, sponsor atau penjualan produk sehubungan dengan acara FIFA." tulis poin ketiga terkait prinsip.



Simak Video "Tekuk PS Tira, Persib Juara Liga 1 Putri 2019"
[Gambas:Video 20detik]
(ran/cas)
FOKUS BERITA Kick-off Liga 1 2020
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com