sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 05 Mar 2020 14:42 WIB

Liga Thailand Dihentikan karena Virus Corona, Yanto Basna 'Dikarantina'

Muhammad Robbani - detikSport
Yanto Basna bek tim nasional (timnas) Indonesia Yanto Basna tertahan di Thailand karena virus corona. (Foto: Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Pemain Indonesia Yanto Basna jadi salah satu yang merasakan dampak virus corona di Thailand. Dia harus tertahan di sana untuk sementara waktu.

Thai League 1 (T1) tempat Yanto Basna berkompetisi bersama PT Prachuap sementara waktu dihentikan. Otoritas sepak bola Thailand menunda kompetisi selama 45 hari karena mewaspadai virus corona.

Penghentian sementara waktu juga berlaku untuk divisi lain, yakni T2, T3, dan T4. Meski kompetisi ditangguhkan, Yanto Basna juga tak bisa pulang ke Indonesia.

"Enggak bisa pulang ke Indonesia karena manajemen juga melarang. Tidak boleh keluar dari Thailand buat karantina," kata Yanto Basna kepada detikSport dari sambungan telepon, Rabu (5/3/2020).

"Sepertinya aturan ini juga berlaku di semua klub di sini. Kalau enggak salah, belum lama ini petinggi klub baru bertemu."

"Kalau pergi antar-kota di Thailand masih bisa. Jadi tetap bisa, misalnya mau berlibur," ujarnya menambahkan.

Prachuap tetap beraktivitas seperti biasa di tengah kosongnya jadwal pertandingan. Rencananya kompetisi akan bergulir lagi mulai 18 April 2020.

Untungnya penundaan ini tak berpengaruh terhadap agenda Yanto Basna bersama timnas Indonesia. Sebelumnya dia tak bisa memenuhi panggilan Shin Tae-yong pada pemusatan latihan timnas Indonesia Februari lalu.

Saat itu eks pemain Mitra Kukar tersebut absen karena agenda timnas berbenturan dengan jadwal T1. Kini, semua laga sisa timnas Indonesia dipindahkan ke Bulan Oktober.

"Kami sih tetap berlatih di klub. Kalau soal Timnas Indonesia kan diundur ke Oktober, jadi tak pengaruh (akibat larangan keluar Thailand)," tuturnya.

"Sejauh ini sih, enggak ada pemain yang kena dampak corona (di Thailand)," ucapnya mengakhiri.

Bek berusia 24 tahun ini selalu menjadi starter dalam empat laga awal T1 2020. Pelatihnya, Thawatchai Damrong-Ongtrakul, juga selalu memercayakan Yanto Basna tampil penuh di setiap laga.

Dua dari empat laga itu dijalaninya dengan berduet bersama bek asal Singapura yang juga eks Persija Jakarta, Baihakki Khaizan. The Killer Wasp baru meraih satu poin dan terdampar posisi ke-13 klasemen sementara T1.



Simak Video "Tambah 3.989, Total Kasus Positif Covid-19 di RI Jadi 244.676"
[Gambas:Video 20detik]
(raw/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com