sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Selasa, 17 Mar 2020 17:48 WIB

PSSI: Kompetisi Dihentikan demi Kebaikan Bersama

Muhammad Robbani - detikSport
Persija Jakarta Shopee Liga 1 2020 ditunda demi kebaikan bersama. (Foto: detikcom/Grandyos Zafna)
Jakarta -

Kompetisi Shopee Liga 1 dan Liga 2 2020 terpaksa dihentikan akibat pandemi virus corona. PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) sepakat ini merupakan langkah yang paling tepat.

Terkait putusan itu, PSSI dan PT LIB mengadakan Extraordinary Meeeting Liga 1 dan Liga 2 2020 di Hotel Fairmont, Jakarta, Senin, (16/3/2020). Klub diberi penjelasan terkait keputusan yang mereka ambil.

Wakil Ketua Umum PSSI Cucu Somantri juga mencontohkan beberapa kompetisi lain yang dihentikan dengan alasan serupa. Baginya ini adalah keputusan yang mementingkan keselamatan orang banyak.

"Beberapa negara tetangga sudah membuat aturan tegas. Kompetisi sepakbola di Thailand dan Malaysia sudah dihentikan untuk sementara," kata Cucu Somantri dalam rilis PSSI.

"Begitu juga dengan kompetisi elite di Jepang, Korea Selatan, dan China. Mari kita mempertimbangkan segala putusan dan kesepakatan bersama dengan menilik dan memilah segala resikonya," ujarnya menambahkan.

Kesempatan ini sekaligus digunakan PSSI dan LIB untuk menyatukan visi mereka dalam menangani dan mencegah penyebaran pandemi corona. Banyak hal yang harus dipertimbangkan terkait kompetisi di tengah wabah penyakit ini.

Sejauh ini kompetisi direncanakan rehat hingga dua pekan ke depan. Belum diketahui secara pasti apakah kompetisi akan bergulir lagi setelah masa rehat berakhir.

"Bagaimanapun, aspek kesehatan harus diposisikan di atas segalanya. Keselamatan dan kesehatan penonton, perangkat pertandingan, dan pemain, harus dijadikan prioritas melebihi apa pun," tutur Cucu yang juga Direktur Utama LIB.

"Mari kita bahas secara detail soal jadwal, risiko, sampai hal-hal teknis yang terkait bergulirnya kompetisi agar tetap menarik, fair, berkualitas dan kompetitif," ucapnya mengakhiri pernyataan.



Simak Video "Intip Latihan Perdana PSM Jelang Shopee Liga 1 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(cas/aff)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com