sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 26 Mar 2020 22:05 WIB

Mes Persibat Batang Disiapkan untuk Isolasi Pasien Covid-19

Robby Bernardi - detikSport
Bupati Batang, Wihaji membentuk pasukan got, Selasa (2/4/2019). Bupati Batang, Wihaji, menyiapkan mes Persibat Batang untuk penanganan virus corona. (Foto: detikcom/Robby Bernardi)
Batang -

Kabupten Batang, Jawa Tengah, sedang mempersiapkan diri mengantisipasi wabah virus corona. Mes Persibat Batang disiapkan menjadi ruang isolasi.

Di Jateng saat ini, sudah ada 40 kasus positif Covid-19 dalam situs resmi Pemerintah Provinsi. Ada 35 orang yang dirawat, sebanyak 5 lainnya meninggal dunia.

Ada sebanyak 12 orang dalam pengawasan dan 3 pasien dalam pengawasan di Batang. Bupati Batang, Wihaji, sudah mengungkapkan langkah penanggulangan.

"Jika KLB, kami akan siapkan rumah sakit darurat di sini (Mes Persibat). Ini nantinya akan dijadikan tempat isolasi," ucap Wihaji, saat melakukan peninjauan Mes Persibat.

"Mes Persibat, kami survai yang nantinya sebagaj salah satu tempat isolasi pasien dalam pengawasan (PDP), seandainya ada kejadian luar biasa covid-19," kata dia menambahkan.

Wihaji menegaskan bahwa tenaga kesehatan yang akan direkrut bukan dari rumah sakit dan puskesmas.

"Ya dinas (kesehatan) masih hitung-hitungan akan kebutuhan para medisnya dan alat pelindung diri. Kita juga rencananya membuka pendaftaran relawan bagi perawat dan bidan untuk ditugaskan ditempatkan di Rumah Sakit Darurat ini," ujarnya.

"Tidak mungkin mengambil petugas dari puskesmas dan rumah sakit. Di puskesmas dan rumah sakit mereka juga ada kegiatan sendiri," jelas Wihaji .

Sementara itu, terkait perkembangan terkini, Wihaji mengatakan, untuk sampai saat ini perkembangan jumlah orang dalam pemantauan (ODP) ada 51 orang, pasien dalam pengawasan (PDP) ada 6 orang, tiga di RSUD Kalisari Batang dan tiga di Rumah Sakit QIM.

"Dari enam orang PDP berasal dari Kecamatan Limpung, Subah, dan Tulis," katanya.



Simak Video "Pemeriksaan Spesimen Covid-19 di Indonesia Capai Rekor Tertinggi"
[Gambas:Video 20detik]
(cas/nds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com