sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Sabtu, 28 Mar 2020 15:40 WIB

Wander Luiz Ungkap Positif Corona, Gugah Kesadaran Sepakbola Nasional

Yudha Maulana - detikSport
Wander Luiz Persib Bandung Wander Luiz Ungkap Positif Corona, Gugah Kesadaran Sepakbola Nasional (Yudha Maulana/detikcom)
Bandung -

Striker Persib Bandung Wander Luiz mengungkap dirinya terkonfirmasi positif Covid-19. Itu dinilai mengunggah kesadaran sepakbola nasional.

Pengakuan itu dibeberkan Wander Luiz lewat media sosialnya Jumat (27/3/2020) malam. Peneliti Hukum Olahraga Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Eko Noer Kristiyanto mengatakan, pengakuan tersebut akan menumbuhkan kesadaran akan bahaya virus yang lebih dalam bagi publik pecinta sepakbola Tanah Air.

Terlebih saat ini sosok Wander Luiz dan Persib Bandung tengah menjadi sorotan di Shopee Liga 1 2020, karena performanya yang gahar di tiga laga perdana.

"Jadi ini akan lebih aware dan banyak yang memaklumi.. bahwa hey.. sepakbola sedang berhenti, jadi enggak usah memikirkan macam-macam. Pemain saja kena, apalagi penontonnya, rentan karena tingkat kerapatan," ucap Eko saat dihubungi, Sabtu (28/3/2020).



Menurutnya terjangkit Covid-19 bukanlah suatu aib, pasalnya semua orang berpotensi terjangkit. Justru membuka diri, lebih diapresiasi karena memudahkan perawatan dan penanganan yang semestinya.

"Ya kalau misa secara umum ketahuan lebih awal itu bagus, itu lebih baik. Langkah Persib juga untuk melakukan tes juga sudah baik, karena tidak semua klub mau dan bisa menyelenggarakan tes sendiri," ucap pria yang akrab disapa Eko Maung itu.

Terkait keputusan Wander Luiz yang nekat melakukan perjalanan wisata di tengah status darurat corona ini, kata Eko, hal itu dikembalikan kepada personal masing-masing. "Dia juga mungkin enggak kepikiran bakal kena, tapi ketahuan lebih awal juga bagus, kita apresiasi langkahnya untuk membuka diri," ujarnya.



Simak Video "Tanpa Gejala, Pemain Persib Bandung Positif Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(yum/aff)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com