sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Sabtu, 18 Apr 2020 21:40 WIB

Kiper Ajax Andre Onana, Adik Kandung Pemain Eks Persikad Depok

Muhammad Robbani - detikSport
MADRID, SPAIN - MARCH 05:  Andre Onana of Ajax celebrates victory after the UEFA Champions League Round of 16 Second Leg match between Real Madrid and Ajax at Bernabeu on March 05, 2019 in Madrid, Spain. (Photo by David Ramos/Getty Images) Kiper Ajax Andre Onana, Adik Kandung Pemain Eks Persikad Depok (David Ramos/Getty Images )
Jakarta -

Tahu kiper muda Ajax, Andre Onana? Dia ternyata adalah adik kandung dari Nnana Onana yang merupakan eks pemain Persikad Depok.

Nnana Onana pernah memperkuat klub-klub kasta kedua di Indonesia pada pertengahan tahun 2000an. Persikad jadi klub yang identik dengan Nnana Onana karena ia bermain di klub asal Kota Depok itu di awal kariernya di sini.

Meski begitu, pemain asal Kamerun itu juga pernah bermain untuk PSPS Pekanbaru (sekarang bernama PSPS Riau) hingga Persis Solo pada 2014. Uang hasil dari bermain di Indonesia digunakan Nnana Onana untuk mendukung karier Andre Onana di Eropa.

Kabar ini pertama kali didengar detikSport dari Zoubairou Garba saat masih bermain di PS Tira pada 2019. Namun Zoubairou mengaku sudah lepas kontak dengan Nnana Onana sehingga kebenaran kabar ini masih diragukan.

Zoubairou adalah rekan Nnana Onana sebagai sesama pemain asal Kamerun. Wajar kalau bek yang kini memperkuat Persebaya Surabaya itu mengaku paham dengan latar belakang keluarga Nnana Onana dan Andre Onana.

Setelah hampir setahun berlalu, ternyata ada orang lain yang mendapat kabar serupa. Kabar ini diunggah akun suporter Persikad di Instagram tentang hubungan Nnana Onana dan Andre Onana.

Akun itu adalah superdepokcyber yang mengunggah beberapa foto Andre Onana dan Nnana Onana. Akun superdepokcyber sudah mendapat konfirmasi langsung dari Nnana Onana tentang kabar ini.


[Gambas:Instagram]





Mereka juga memperlihatkan percakapan mereka dengan Nnana Onana yang mengonfirmasi kabar bahwa Andre Onana adalah adiknya. Detiksport kemudian coba mengonfirmasi langsung, namun belum mendapat jawaban dari Nnana Onana.

Selain Zoubairou, agen pemain asal Kamerun, Amogou Mathieu, juga kenal dengan Nnana Onana. Ia pun bersedia bercerita tentang Andre Onana.

"Ya benar dia adalah kakak kandungnya. Nnana Onana yang membiayai dia ke Eropa saat dia masih bermain di sini (Indonesia)," kata Amogou Mathieu kepada detikSport, Sabtu (18/4/2020).

"Dia yang bantu, biasa kan membantu keluarganya sendiri. Dia yang membiayai ke sana ke Eropa, dia yang selalu support dia," ujarnya menambahkan.



Andre Onana lahir pada 2 April 1996. Ia memulai belajar sepakbola di akademi milik eks legenda Barcelona yakni Samuel Eto'o Academy yang berada di Kamerun.

Di akademi itu potensinya mendapat perhatian pencari bakat Barcelona. Akhirnya La Masia merekrutnya pada 2010 atau saat sang kiper masih berusia 13 tahun.

"Dia dari akademi Barcelona itu dibantu Samuel Eto'o. Di Barcelona dibantu dia (Eto'o)," tutur Amogou Mathieu.

Lima tahun menimba ilmu di La Masia, ia tak kunjung mendapat kesempatan oleh Barcelona. Meski begitu, Ajax melihat bakat hebatnya.

Klub asal Amsterdam itu pun merekrutnya pada awal 2015. Di sana ia langsung mendapat kesempatan tampil bersama Jong Ajax pada Februari tahun itu.

Cemerlang bersama tim muda, Andre Onana pun akhirnya menjadi kiper utama Ajax mulai musim 2016/17. Sejak saat itu, ia terus menjadi kiper utama raksasa Belanda hingga saat ini.



Andre OnanaAndre Onana (Getty Images/Manuel Queimadelos Alonso)



Bakat Andre Onana kini menjadi perhatian klub-klub besar Eropa termasuk Barcelona yang pernah mengasuhnya di usia muda. Terkini, ia santer digosipkan akan gabung klub Liga Inggris, Chelsea.

"Saya kenal dekat dengan Nnana Onana, ya walau sudah lama tak bertemu. Dia pulang ke Kamerun setelah selesai berkarier di Indonesia, tapi bahasa kami sama, kota kami juga sama yakni Yaounde," tutur Amogou Mathieu.

"Mudah-mudahan kiper itu ke Chelsea, selain Chelsea juga ada beberapa tim yang mau juga. Barcelona juga mau," ucapnya lagi.

Siapa yang menyangka kalau kesuksesan Andre Onana ada peran dari Nnana Onana yang kariernya tak begitu cemerlang di Indonesia. Kini Andre Onana bisa dibilang sebagai salah satu kiper dengan talenta terbaik di dunia.

Amogou Mathieu dengan senang hati menceritakan itu semua. Ia bahkan berjanji akan mencarikan kontak Nnana Onana.

"Kalau mau cari informasi Andre Onana, nanti saya cari kontak Nnana Onana. Apalagi kan dia bisa bahasa Indonesia. Jadi kamu bisa lebih jelas lagi, nanti saya minta nomor dia, saya kirim ke kamu," janji Amogou Mathieu.



Nnana Onana (kiri)Nnana Onana (kiri)



Bicara kiper hebat, Kamerun memang punya tradisi itu. Andre Onana bukan kiper Kamerun pertama yang bersinar di Benua Biru.

Sudah ada pendahulunya yang pernah sukses di Eropa dan kebanyakan berkarier di Spanyol. Misalnya Jacques Songo'o, Thomas N'Kono, hingga Idriss Carlos Kameni.

Kehebatan Thomas N'Kono bahkan menjadi sumber inspirasi Gianluigi Buffon. Legenda hidup Juventus dan Timnas Italia itu mengaku ingin menjadi kiper setelah melihat aksi Thomas N'Kono.

"Saya memanggil putra saya Louis Thomas untuk menghormatinya (Thomas N'Kono)," kata Buffon dikutip dari laman resmi FIFA.



Simak Video "Kecewa Lihat Kepa, Chelsea Bidik Onana"
[Gambas:Video 20detik]
(aff/aff)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com