sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Senin, 20 Apr 2020 11:05 WIB

PSSI Hampir Seabad, Bisakah Timnas Indonesia Jadi Macan Asia?

Randy Prasatya - detikSport
Timnas Indonesia U-22 Sepakbola Indonesia diharap bisa menjadi Macan Asia. (Foto: Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta -

Direktur Umum PT Liga Indonesia Baru, Cucu Somantri, memiliki harapan besar kepada PSSI yang sudah berusia hampir satu abad. Dia ingin sepakbola Indonesia kembali menjadi Macan Asia.

PSSI berusia 90 tahun pada 19 April 2020. Pada usia saat ini, PSSI belum mampu mengantarkan Indonesia berbicara banyak di pentas Asia, bahkan di Asia Tenggara.

Timnas Indonesia sempat menjadi salah satu tim yang ditakuti di Asia Tenggara setidaknya pada era 90-an. Tim Merah-Putih kerap selalu menjadi kandidat juara di Piala Tiger (kini bernama Piala AFF).

Meski sering menjadi kandidat juara, Timnas Indonesia selalu gagal di final. Gelar juara di pentas Asia Tenggara sampai saat ini belum pernah dirasakan.

Tak pernah juara, namun banyak pihak terutama orang-orang di PSSI mengklaim Indonesia pernah menjadi Macan Asia. Cucu, yang juga menjabat sebagai wakil ketua umum PSSI, berharap sepakbola Indonesia bisa menjadi Macan Asia lagi.

"PSSI tak bisa dilepaskan dari sejarah panjang dan nasionalisme yang pernah terjadi di negeri ini. Selamat ulang tahun PSSI yang ke-90. Semoga makin jaya," kata Cucu Somantri, seperti dikutip dari situs resmi Liga Indonesia.

"Tidak ada yang tidak mungkin dalam sepakbola. Mari semuanya bekerja keras, kompak, dan saling membantu untuk mewujudkan prestasi hebat yang pernah diharapkan oleh pelatih-pelatih timnas seperti Tony Pogacnik, Wiel Coerver, Sinyo Aliandoe, Anatoli Polosin hingga Benny Dollo," sambungnya.

"Mari kita wujudkan cita-cita tinggi yang pernah diutarakan oleh legenda sepakbola Indonesia seperti Soetjipto Soentoro, Iswadi Idris, Ronny Pattinasarani, Anwar Ujang, Sudirman hingga Bambang Pamungkas. Setelah 90 tahun ini, semoga sepakbola Indonesia kembali menjadi Macan Asia," Cucu menegaskan.



Simak Video "PSSI Ancam Pecat Shin Tae-yong, Kenapa?"
[Gambas:Video 20detik]
(ran/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com