Pelatih Persib Usul Shopee Liga 1 Jalan Tanpa Penonton

Yudha Maulana - Sepakbola
Senin, 20 Apr 2020 22:10 WIB
Pelatih Persib Robert Rene Alberts di Stadion Siliwangi, Bandung, Kamis (20/2/2020).
Pelatih Persib Bandung Robert Rene Alberts usul Liga 1 jalan tanpa penonton (Yudha Maulana/detikSport)
Bandung -

Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, punya ide untuk melanjutkan Shopee Liga 1 2020. Laga tanpa penonton jadi solusi terbaik.

Gara-gara pandemi virus corona, kompetisi sepakbola di seluruh dunia terhenti sementara termasuk Liga 1 2020. Bahkan Liga 1 bisa saja dibatalkan jika kondisi tak membaik sampai 29 Mei.

Keputusan itu tentu merugikan klub terutama pemain karena banyak yang dipotong gajinya. Sementara dari sisi sponsor utama, Shopee rugi besar.

Maka dari itu harus ada win-win solution terkait situasi saat ini. Salah satunya adalah dengan tetap menggelar kompetisi tanpa penonton jika kondisi sudah aman.

Hal ini sudah diwacanakan oleh beberapa liga top Eropa di Spanyol, Inggris, Jerman, Prancis, dan Italia. Sebab klub-klub di liga itu butuh pemasukan dari segi hak siar ketimbang harus membayar penalti.



"Risikonya terlalu besar jika menggelar laga dengan penonton. Saya pikir, kita bisa melakukan hal yang sama dengan itu (pertandingan tanpa penonton) di Indonesia di bulan Juli," kata Robert kepada pewarta Senin (2/4/2020).

Untuk mengobati kerinduan suporter, Robert menganjurkan untuk memaksimalkan peran media dalam penyiaran. Tapi di sisi lain, ia juga berharap adanya aturan ketat soal perlindungan terhadap pemain.

"Bila pun nanti kita bertanding di stadion yang kosong, itu tidak masalah. Karena yang penting semua bisa bermain bola, dengan tolak ukur yang benar kita bisa mencegah penyebaran virus hingga bisa musnah semuanya," sambung pelatih asal Belanda itu.

"Kita punya saluran langsung di televisi, kemudian Persib TV dan lain-lain yang penting kita bisa menghibur para pendukung secara online," tutupnya.



Simak Video "Waduh! Markas Persib Diserbu Oknum Suporter"
[Gambas:Video 20detik]
(mrp/mrp)