FIFA Kucurkan Dana Bantuan Corona, PSSI Dapat Rp 7,7 Miliar

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Sabtu, 25 Apr 2020 23:00 WIB
Mochamad Iriawan alias Iwan Bule terpilih sebagai Ketua Umum PSSI periode 2019-2023. Pemilihan Ketua Umum PSSI dilaksanakan dalam Kongres Luar Biasa (KLB) pemilihan PSSi di Hotel Shangri-La, Jakarta, Sabtu (2/11/2019). Iwan Bule didampingi dua orang wakil yaitu Cucu Sumantri dan Iwan Budianto.
PSSI mendapat bantuan FIFA senilai Rp 7,7 miliar di tengah pandemi virus corona (Rifkianto Nugroho/detikSport)
Jakarta -

FIFA mengucurkan dana bantuan pandemi virus corona untuk seluruh anggotanya. PSSI pun kecipratan sekitar Rp 7,7 miliar.

Teror virus COVID-19 sudah membuat banyak kompetisi terhenti sementara waktu. Tak cuma kompetisi antarklub, laga-laga internasional pun jadi terganggu sehingga federasi kehilangan pemasukan.

Oleh karenanya FIFA tak tinggal diam untuk membantu seluruh anggotanya agar bisa bertahan melalui pandemi ini. Total dana bantuan FIFA adalah senilai 150 juta dolar AS atau sekitar Rp 2,3 triliun.

Nantinya dana itu akan dibagikan ke 211 anggotanya masing-masing mendapat 500 ribu dolar AS atau sekitar Rp 7,7 miliar. Dana ini akan digunakan untuk operasional federasi serta menyelesaikan urusan dengan pihak ketiga.



"Sebagai federasi dunia, sudah menjadi tugas FIFA untuk membantu semua pihak yang membutuhkan," ujar Presiden FIFA, Gianni Infantino, seperti dilansir dari situs resmi FIFA.

"Dimulai dengan memberikan bantuan langsung kepada asosiasi anggota yang mengalami kesulitan," sambungnya.

Sebagai anggota FIFA, PSSI pun berhak atas bantuan tersebut. Seperti halnya federasi lain, PSSI juga terkena dampak corona ketika harus menghentikan kompetisi Shopee Liga 1 dan Liga 2.

Bahkan mereka harus memotong gaji pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, dan staf pelatihnya, serta ofisial timnas. Wasit-wasit di Indonesia pun tidak mendapat pemasukan karena kompetisi berhenti.



Simak Video "Respons Ketua Asprov PSSI Jateng yang Disanksi soal Sertifikat Wasit"
[Gambas:Video 20detik]
(mrp/nds)