sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Selasa, 28 Apr 2020 10:50 WIB

PT LIB Didesak Gelar RUPS Terkait Isu Nepotisme

Muhammad Robbani - detikSport
PT Liga Indonesia Baru umumkan start Liga 2 2020 PT Liga Indonesia Baru disarankan segera menggelar Rapat Umum Pemegang Saham. (Foto: detikcom/Mercy Raya)
Jakarta -

Isu nepotisme di PT Liga Indonesia Baru (LIB) membuat gelisah. Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI. Asprov Jawa Barat menyarankan PT LIB segera menggelar Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

Direktur Utama PT LIB, Cucu Somantri, disebut mengangkat putranya sendiri Pradana Aditya Wicaksana, menjadi General Manager (GM) operator kompetisi. Padahal perubahan struktur direksi PT LIB biasanya dilakukan pada RUPS.

Sementara pada RUPS PT LIB yang digelar Januari silam, tak ada nama Pradana Aditya. Bisa dibilang penunjukkan Pradana Aditya tak sesuai prosedur.

Pradana Aditya diklaim ditunjuk menjadi GM pada 3 Maret lalu. Pengakuan itu diutarakan Direktur Bisnis Rudy, Kangdra, dan Direktur Operasional, Sujarno.

Menanggapi hal itu, Asprov Jawa Barat meminta PT LIB untuk melakukan RUPS. Mereka khawatir polemik ini membuat bisa memberikan dampak negatif.

"Saya khawatir masalah ini akan menyebabkan sponsor tidak percaya dengan integritas pejabat di PT LIB, sehingga akan menyebabkan mereka menarik diri dari kerja sama dengan PT LIB," kata Ketua Asprov Jawa Barat, Tommy Apriantono, dalam rilis yang diterima detikSport.

"Alangkah baiknya jika Ketua Umum PSSI dan Exco serta pemilik saham di PT LIB melaksanakan RUPS untuk membahas kembali keberadaan direksi dan komisaris dengan tujuan agar permasalahan PT LIB kembali berjalan dengan baik dan juga agar tidak ada bola liar di PSSI," ujarnya menambahkan.

Tommy menambahkan bahwa ada masalah mendesak lainnya yang perlu dibahas PT LIB ketimbang meributkan polemik. Salah satunya kelanjutan nasib kompetisi Shopee Liga 1 dan Liga 2 2020.

Ia berkaca ke Vietnam yang sudah memastikan bakal memulai kompetisinya lagi pada 15 Mei mendatang. Selain Vietnam, juga ada Korea Selatan, Thailand, hingga Jepang yang sudah memberi lampu hijau kembali menggulirkan kompetisi domestik.

"Lihat Vietnam, mereka sekarang sedang bersiap untuk melakukan kick-off kompetisi lagi. Ini yang harus dipersiapkan oleh PT LIB," ucap Tommy mengakhiri.



Simak Video "Intip Latihan Perdana PSM Jelang Shopee Liga 1 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(cas/raw)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com