sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Senin, 04 Mei 2020 15:49 WIB

Yuk Dukung GBK Jadi Stadion Paling Top se-ASEAN Versi AFC

Muhammad Robbani - detikSport
Pesta kembang api menyemarakkan Upacara Penutupan Asian Games ke-18 Tahun 2018 di Stadion Utama GBK, Senayan, Jakarta, Minggu (2/9). ANTARA FOTO/INASGOC/Rosa Panggabean/wsj/18. Stadion Utama GBK saat penutupan Asian Games 2018. (Foto: ANTARA FOTO/INASGOC/Rosa Panggabean)
Jakarta -

Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) masuk nominasi stadion paling top di kawasan ASEAN, dalam proses voting yang dilakukan Federasi Sepakbola Asia (AFC).

Selain SUGBK, ada empat stadion lain yang masuk nominasi yakni Stadion ANZ, atau (Stadion Australia), Bukit Jalil (Malaysia), My Dinh (Vietnam), dan Rajamangala (Thailand). Kelimanya disebut sebagai stadion paling megah dan ikonik kawasan ASEAN.

1. Stadion Australia

Stadion ini pada awalnya mampu menampung 110 ribu penonton, dan pada 2003 direnovasi dan kapasitasnya berkurang menjadi 83.500 penonton. Tapi sekarang bisa menggelar pertandingan olahraga lainnya seperti football, rugbi, dan kriket.

2. Stadion Utama Gelora Bung Karno

SUGBK adalah stadion utama di kawasan Kompleks Olaharaga Gelora Bung Karno. Kapasitasnya 80 ribu dan dikenal sebagai stadion dengan atmosfer paling unik di kawasan ini (Asia Tenggara).

3. Stadion Bukit Jalil

Kandang dari salah satu fans paling berwarna di Asia, Stadion Bukit Jalil pernah beberapa kali menggelar pertandingan penting sepakbola ASEAN. Termasuk ajang bersejarah Piala Asia 2007.

Stadion berkapasitas 100 ribu ini terletak di selatan Kuala Lumpur dan termasuk dalam Kompleks Olahraga Nasional di Bukit Jalil. Kompleks ini dibangun mulai 1994 dan dibuka pada 1998 untuk menggelar Commonwealth Games.

4. Stadion My Dinh

My Dinh terletak 10 kilometer sebelah barat dari pusat Kota Hanoi. Stadion berkapasitas 40 ribu penonton lebih ini dibangun pada 2003 dan juga menjadi salah satu venue Piala Asia 2007.

5. Stadion Rajamangala

Stadion ini dibangun pada 1998 untuk menggelar Asian Games ke-13 tahun. Kandang dari Timnas Thailand dan menjadi salah satu stadion terbesar di Asia Tenggara.

Salah satu pertandingan terbesar yang pernah digelar adalah pertandingan leg kedua Liga Champions Asia antara Bec Tero Sasana melawan Al Ain dari Uni Emirat Arab pada Oktober 2003.

[Gambas:Instagram]




Untuk sementara SUGBK unggul dengan jumlah voting sebesar 55 persen dukungan. Stadion Bukit Jalil di tempat kedua dengan 23 persen jumlah voting. Mau beri dukungan buat GBK? Yuk masuk ke laman AFC.



Simak Video "Mau Olahraga di GBK? Simak Aturannya Dulu di Sini"
[Gambas:Video 20detik]
(krs/pur)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com