sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 21 Mei 2020 16:01 WIB

Maruarar Sirait Kandidat Petinggi PT LIB, Klub Beri Respon Positif

Randy Prasatya - detikSport
Maruarar Sirait Maruarar Sirait Kandidat Petinggi PT LIB, Klub Beri Respon Positif. (Foto: Istimewa)
Jakarta -

Munculnya nama Maruarar Sirait sebagai salah satu calon Direksi PT Liga Indonesia Baru (LIB) oleh Persipura Jayapura, mendapat respon positif juga dari berbagai klub. Ara, sapaan akrabnya, yang sukses menjalankan turnamen Piala Presiden sebanyak empat kali dengan sukses dinilai sebagai bukti nyata.

Seperti diketahui, PT LIB ditinggalkan empat petingginya sekaligus. Seperti Cucu Sumantri yang menjabat Direktur Utama dan tiga nama lain yang berstatus komisaris seperti Sonhadji, Hasani Abdulgani, dan Hakim Putratama menyusul melepaskan jabatan mereka.

Tim Mutiara Hitam merespon hal itu. Benhur Tommy Mano yang menjabat sebagai Ketua Umum (Ketum) Persipura, menyebutkan nama Maruarar berserta dua nama lain yang dicalonkan untuk menjadi pengganti nama-nama yang mundur dari kursi pimpinan di operator kompetisi profesional di Tanah Air itu.

Tak hanya Persipura, respon positif juga datang dari Presiden Persiba Balikpapan, I Gede Widiade. Sepak terjang Maruarar di dunia sepak bola memang tak asing bagi Gede. Karena ketika Persija Jakarta menjadi juara Piala Presiden 2018, Gede masih menjadi bagian klub berjuluk Macan Kemayoran itu.

Maruarar Sirait saat mendampingi Presiden Jokowi di penyerahan Piala Presiden 2018 untuk Persija. Maruarar Sirait saat mendampingi Presiden Jokowi di penyerahan Piala Presiden 2018 untuk Persija. (Foto: Istimewa)

Gede paham betul, bagaimana Maruarar memimpin turnamen itu dengan jabatan Ketua Steering Committee (SC) Piala Presiden, semuanya bisa berjalan dengan mulus dari awal sampai akhir pergelaran. Bahkan untuk ururan transparansi, turnamen Piala Presiden selalu menjalin kerja sama dengan lembaga audit internasional PricewaterhouseCoopers (PwC).

"Saya dengan bang Maruarar dekat sekali, sangat dekat. Hubungan mungkin sebelum di sepak bola saya sudah berhubungan. Profesionalisme sangat, sangat profesional bahkan. Orangnya sangat terbuka dan down to earth. Selalu bertanya kepada orang yang sangat berpengalaman. Jadi dia tidak main selonong saja," ungkap Gede.

"Dan di Piala Presiden dia sudah terbukti berapa kali hasilnya bagus. Cuma kendalanya satu, yaitu partai. Dia kan orang partai. Tapi kalo bagi saya sih itu (orang partai) tidak menjadi kendala. Yang penting profesional, bisa membawa diri, independen, itu sudah cukup. Oke itu," sambung mantan direktur Persija itu.

Komentar positif terhadap sosok Maruarar juga datang dari Manajer Arema FC, Ruddy Widodo. Dirinya menilai politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu, adalah sosok yang baik dan juga profesional. Kesan positif selama memimpin turnamen Piala Presiden juga terekam oleh Ruddy.

Namun, Ruddy juga mengingatkan, jika memimpin sebuah kompetisi akan lebih berat dibandingkan menjalan turnamen Piala Presiden. Apalagi, kadang masalah di kompetisi Tanah Air cukuplah banyak. Seperti harus mengatur jadwal yang baik, perizinan yang kadang terkendala, dan durasi yang lebih panjang.

"Personal pak Ara, saya mengenal beliau sebagai sosok yang baik, profesional. Di Piala Presiden beliau juga bisa menjalankannya dengan baik. Kalau memang beliau nanti berminat untuk menjadi pemimpin di PT LIB, pasti juga harus dibandingkan dengan sosok-sosok yang lain," papar Ruddy.

"Beliau memang punya pengalaman dan sangat baik saat memimpin Piala Presiden sebanyak empat kali. Tapi Piala Presiden dengan kompetisi berbeda. Di kompetisi tantangannya lebih besar. Seperti periode waktunya yang lebih lama," sambungnya.

"Di luar Persipura, teman-teman yang lain saya yakin juga mengusulkan dia. Karena ini demi kemajuan sepak bola Indonesia, itu alasan. Dia orangnya tegas dan profesional. Itu yang kami liat dari kepemimpinannya. Orangnya terbuka itu yang kami harapkan untuk pemimpin PT LIB," tegas Wali Kota Jayapura itu.Sementara Persipura, meski sudah dengan tegas mendukung Maruarar, Tommy Mano juga punya pandangan sendiri terkait sosok berusia 50 tahun tersebut. Dirinya pun yakin, klub lain juga setuju atas usulan Persipura dengan menjadikan nama Maruarar sebagai kandidat bersama Tommy Welly dan Tigor Shalom Boboy.



Simak Video "Piala Presiden Wajib Bersih dari Pengaturan Skor"
[Gambas:Video 20detik]
(ran/adp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com