sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 21 Mei 2020 21:20 WIB

Cerita Kiper Persija Nyaris Jadi Penggawa Timnas Futsal

Muhammad Rabbani - detikSport
adixi lenzivio persija jakarta Kiper Persija Jakarta, Adixi Lenzivio. (Foto: Instagram @alenzivio)
Jakarta -

Kiper Persija Jakarta, Adixi Lenzivio, pernah hampir bergabung Timnas Futsal Indonesia. Namun akhirnya memilih fokus bersama Macan Kemayoran, apa alasannya?

Adixi menceritakan pengalamannya pada pertengahan 2019, saat namanya dipanggil seleksi Timnas Futsal Indonesia. Ketika itu, Timnas Futsal sedang bersiap menuju Piala AFF Futsal 2019.

Adixi memang sempat menjadi pemain futsal profesional. Ia memperkuat FC Pegasus Samba, yang berkompetisi di Pro Futsal League (PFL) 2019.

Kariernya di futsal bermula dari Liga Futsal Mahasiswa (LIFUMA), di mana ia memperkuat kampusnya, STIE Perbanas. Saat memutuskan studi, ia adalah bagian dari tim Persija, dan sudah lumayan sering tampil tampil secara reguler di bawah mistar gawang.

Di STIE Perbanas, kiper kelahiran 1992 itu kuliah dengan mengambil jurusan Ekonomi. Kariernya di futsal pun lumayan berkembang, sejak tampil di LIFUMA. Kemampuannya pun dilirik Kensuke Takahashi, selaku pelatih Timnas Futsal Indonesia.

Namun, di saat yang sama, Persija memanggilnya lagi untuk menjadi kiper pelapis. Pada akhirnya, Adixi memilih fokus di Persija, meninggalkan kansnya menjadi kiper futsal.

"Saat itu tentu dilema ya. Siapa yang tidak mau bermain di Timnas? Namun siapa juga yang tidak ingin membela Persija," kata Adixi, dikutip dari laman resmi Persija.

"Setelah berdiskusi dengan orang tua, akhirnya saya memilih kembali merumput dengan membela Persija," ujarnya menambahkan.

Saat memanggil pulang Adixi, Persija butuh kiper tambahan setelah Daryono memilih pindah ke Perseru Badak Lampung FC. Kepergian Daryono membuat Persija hanya memiliki dua kiper dalam diri Andritany Ardhiyasa dan Shahar Ginanjar.

Manajemen klub akhirnya mencoba memulangkan Adixi, yang tengah berkarier di futsal. Bak gayung bersambut, Adixi menerima ajakan itu dan membuang peluang memperkuat Timnas Futsal Indonesia.

Meski begitu, ia belum sekalipun diberikan tampil bersama Persija sejak kembali ke klub yang membesarkan namanya. Ia mengaku harus banyak adaptasi setelah lama meninggalkan sepakbola.

"Berat badan saya harus turun lebih dari 5 kilogram saat gabung Persija lagi. Saya sempat berlatih tanpa bola dengan hanya berlari mengelilingi lapangan," tutur Adixi.

"Dengan semangat yang kuat, akhirnya saya kembali ke berat badan yang seharusnya dan dipercaya kembali masuk ke dalam tim meski pelapis," ucapnya mengakhiri.



Simak Video "Bermain Tanpa Penonton, Persija Vs Bhayangkara Imbang 2-2"
[Gambas:Video 20detik]
(yna/yna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com