sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Jumat, 22 Mei 2020 18:35 WIB

Pandemi Tak Kunjung Beres, Timnas U-16 Akan Gelar TC Virtual

Mercy Raya - detikSport
Pelatih Timnas Indonesia U-16 Bima Sakti Bima Sakti mengungkapkan Timnas Indonesia U-16 akan melakukan pemusatan latihan virtual. (Foto: detikcom/Jauh Hari Wawan S)
Jakarta -

Pelatih timnas Indonesia U-16, Bima Sakti, akan menggelar pemusatan latihan secara virtual. Rencana itu menyusul belum redanya pandemi virus Corona.

Sebelumnya, TC virtual juga sudah dilakukan oleh Timnas U-19. Asisten pelatih Timnas U-19, Nova Arianto, bilang bahwa latihan itu sudah dilakukan sejak 14 Mei.

"Saya memikirkan untuk juga melakukan TC virtual. Tapi masih kami pikirkan. Selama ini kami masih latihan lewat aplikasi saja. Ya, tentu untuk menjaga kondisi saja," kata Bima, seperti dikutip dalam lama PSSI.org

Menurut Bima, program latihan yang selama diberikan selama jeda pelatnas hanya untuk menjaga kondisi tubuh pemainnya agar tetap fit. Sedangkan program pasti belum diterapkan.

"Saya pikir jika TC virtual nanti digelar maka menu latihan dari pelatih fisik harus ditambah dengan materi lain dari saya dan staf pelatih lainnya," ujarnya.

Bima pun berharap Indonesia segera pulih dari wabah penyakit COVID-19. Pasalnya, dia sudah tak sabar beraktivitas normal sehingga dapat memantau langsung kegiatan para pemain timnas Indonesia U-16.

Apalagi, agenda-agenda sepakbola untuk Timnas U-16 dan Timnas U-19 2020 masih sesuai jadwal. AFC bahkan telah mengagendakan pengundian grup Piala Asia U-16 dan U-19 2020 pada 18 Juni. Pengundian akan dilakukan di markas AFC, Kuala Lumpur, masing pada pukul 14:30 dan 16:30 waktu setempat.

Timnas U-16 lolos ke putaran final setelah merebut satu dari empat tiket runner-up terbaik. Piala Asia U-16 rencananya digelar 16 September sampai 3 Oktober 2020 di Bahrain. Ajang ini sekaligus menjadi kualifikasi menuju Piala Dunia U-17 2021 di Peru, di mana semifinalis akan menggenggam tiket ke putaran final.

"Sekarang kami sudah melakukan persiapan dengan baik. Kami terus menjaga kekompakan pemain dengan menggelar pemusatan latihan nasional setiap bulan (sekarang beralih ke latihan virtual dulu). Mudah-mudahan kami bisa mendapatkan hasil yang terbaik," ujar Bima.



Simak Video "Timnas Indonesia Melenggang ke Perempatfinal AFC U-16"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com