Stadion-stadion yang Terbengkalai Bak Berhantu di Indonesia

Muhammad Robbani - Sepakbola
Sabtu, 23 Mei 2020 15:30 WIB
Stadion Benteng yang dulu menjadi markas Persikota dan Persita Tangerang kondisinya memprihatinkan, Rabu (24/7/2019). Stadion yang selalu berisik setiap matchnya kini tak bersuara lagi.
Stadion-stadion yang Terbengkalai Bak Berhantu di Indonesia (Rifkianto Nugroho/detikSport)


5.Stadion Sangkuriang

Kandang Persatuan Sepakbola Kota Cimahi (PSKC) Kota Cimahi ini kini disebut berhantu. Rencana Pemkot Cimahi yang ingin mengubah stadion menjadi sport mall adalah awal kerusakan.

Rencana itu menuai pro-kontra. Pada akhirnya kondisi itu membuat nasib stadion terkatung-katung.

Stadion Sangkuriang di Kota Cimahi, Jawa Barat kian memprihatinkan. Bangunan yang pernah menjadi markas Persikab Bandung itu telantar dan rusak bak stadion berhantu.Stadion Sangkuriang di Kota Cimahi, Jawa Barat kian memprihatinkan. Bangunan yang pernah menjadi markas Persikab Bandung itu telantar dan rusak bak stadion berhantu (Yudha Maulana/detikSport)



Di stadion ini pernah digelar ajang bergengsi yang melibatkan klub-klub top nasional. Persikab Bandung juga pernah berjaya di sini pada medio 1990-an saat Cimahi masih menjadi bagian Kabupaten Bandung.

"Sekarang PSKC bermain di 16 besar nasional Liga 3, tapi untuk kandang dan tandang kami harus menumpang ke tempat lain karena lapangan di Stadion Sangkuriang tidak layak," kata Asisten Pelatih PSKC, Nurjati, saat dihubungi detikcom.

"Saya jadi bagian Persikab sejak Haornas, Soeratin hingga di Divisi Utama, dulu di Sangkuriang sempat ada live dari televisi," ujarnya.

6.Stadion Watubelah

PON 2016 memproyeksikan menggelar salah satu eventnya di Stadion Watubelah, Cirebon. Sayang hal itu tak terlaksana lantaran pembangunan stadion tak kunjung selesai.

Saat PON digelar, tribune stadion ini baru selesai sebagian. Saat gagal menggelar PON, stadion pun menjadi lokasi 'wisata' warga.



Meski begitu, pembangunan stadion hingga kini diklaim masih terus berlanjut. Setiap tahunnya terus dikucurkan dana untuk merampungkan stadion ini.

Pada Bulan Maret, Pemkab Cirebon memilih Stadion Watubelah menjadi lokasi skrining awal pasien COVID-19. Terkini, di sana juga menjadi tempat tes swab massal.

7.Stadion Barombong

Syahrul Yasin Limpo melakukan prosesi peletakan batu pertama dalam pembangunan Stadion Barombong pada akhir Januari 2011. Saat itu ia menjabat sebagai Gubernur Sulawesi Selatan.

Sudah sembilan tahun lebih hal itu berlalu, namun pembangunan Stadion Barombong tak kunjung usai. Pendukung PSM Makassar pun harus menahan sabar menantikan kandang baru pengganti Stadion Andi Mattalatta.

Calon markas PSM Makassar, Stadion Barombong, ambruk akhir pekan lalu.Stadion Barombong (Ibnu Munsir/detikSport)



Pada 2017, stadion ini roboh karena faktor cuaca buruk. Saat itu para pekerja sedang melakukan pengecoran.

Sampai saat ini, belum ada tanda-tanda dari Dispora Sulsel untuk memberi lampu hijau merampungkan pembangunan Stadion Barombong. Ini kabar sedih buat pendukung PSM dengan fakta kandang teraktual klub kesayangannya pun sudah menjadi olok-olok karena terbengkalai hingga ditanami sayuran.


(aff/aff)