sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 28 Mei 2020 20:00 WIB

Persela Lamongan Juga Usul Shopee Liga 1 Dihentikan, Ini Alasannya

Eko Sudjarwo - detikSport
logo liga 1 2019 shopee liga 1 2019 Persela Lamongan ingin Shopee Liga 1 2020 disetop, ini pertimbangannya. (Foto: detikcom/Rifkianto Nugroho)
Jakarta -

Persela Lamongan menjadi salah satu klub yang mengusulkan Shopee Liga 1 2020 disetop. Laskar Joko Tingkir merinci pertimbangannya.

PSSI menggelar rapat virtual dengan kontestan Liga 1, Rabu (27/5/2020). Masing-masing klub, dimintai informasi mengenai perkembangan pandemi virus Corona di daerahnya.

Manajer Persela, Edy Yunan Achmadi, menerangkan jalannya rapat kontestan Shopee Liga 1 dengan PSSI.

"Kami menyampaikan informasi terkini di daerah masing-masing terkait COVID-19 serta memberikan masukan, saran dan pendapat tentang kompetisi Liga 1 akan dilanjutkan atau dihentikan," kata Yunan, Kamis (28/5/2020).

Yunan menegaskan pentingnya protokol kesehatan untuk menekan penyebaran virus Corona. Dia mengungkap potensi-potensi penularan dalam sebuah laga sepakbola.

"Saat kompetisi kembali digelar, siapa yang bisa menjamin protokol kesehatan seperti jaga jarak, tidak berjabat tangan dan lainnya bisa terlaksana dengan baik di tempat parkir, pintu masuk, dan tribune stadion. Siapa yang bisa menjamin suporter yang datang ke stadion hanya berdiam diri, tidak berjingkrak, bernyanyi bersama, berpelukan dan berteriak-teriak saat tim kebanggaannya mencetak gol. Dan ketika tidak ada jaminan atas itu semua, pada waktu bersamaan ancaman kesehatan dan keselamatan tersebut datang," kata Yunan.

Persela pun ingin liga musim ini digantikan dengan turnamen. Yunan juga mengungkap saran waktu kickoff.

"Harapannya bisa disetop dan diisi dengan turnamen yang berakhir di tahun ini, atau kompetisi yang baru dengan format yang baru, dimulai akhir tahun ini sampai dengan tahun 2021," kata Yunan.

"Kami mengapresiasi langkah-langkah yang ditempuh oleh PSSI dalam rangka mendapatkan masukan, saran dan informasi dari berbagai pihak terkait dengan kompetisi Liga 1 dalam situasi Covid-19. Persela berharap segera ada kejelasan terkait status kompetisi Liga 1 2020. Kami percaya bahwasannya federasi akan mencarikan solusi dan jalan keluar yang terbaik bagi semua pihak," imbuh Yunan.

Selain Persela, sejumlah klub lain yang menginginkan Liga 1 2020 dihentikan diantaranya Madura United, Persebaya Surabaya, PSIS Semarang, PSM Makassar, Barito Putra, Persita Tangerang, Persela Lamongan, Bhayangkara FC, Persija Jakarta, Persik Kediri, dan PSS Sleman.



Simak Video "Stadion Gelora BJ Habibie Siap Jadi Kandang PSM Makassar"
[Gambas:Video 20detik]
(cas/aff)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com