sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Jumat, 29 Mei 2020 19:10 WIB

Di Shopee Liga 1 2020, Pesepakbola Ini Serasa Pemain Premier League

Muhammad Robbani - detikSport
Adam Mitter Di Shopee Liga 1 2020, Pesepakbola Ini Serasa Pemain Premier League (Instagram/adammitter5)
Jakarta -

Pemain Persiraja Banda Aceh, Adam Mitter, baru tiga kali bermain di Shopee Liga 1 2020. Namun itu sudah membuatnya merasakan antusias sepakbola Indonesia.

Pemain asal Inggris itu didapuk menjadi kapten Persiraja Banda Aceh meski baru pertama kali main di Indonesia. Ia selalu bermain sebagai starter dalam tiga laga perdana bersama Persiraja.

Meski baru seumur jagung, Adam, sudah bak menjadi pesohor lapangan hijau di kalangan suporter Persiraja. Orang-orang di Aceh banyak yang mengenalnya dan tak jarang meminta tanda tangan atau sekedar berfoto bersama.

"Saya pernah membeli kopi, lalu ada seorang pria, gugup. Dia bilang, 'ini adalah hari terbaik dalam hidup saya, saya tak percaya bisa mendapat kesempatan bertemu anda'," kata Adam Mitter mengenang perjumpaannya dengan penggemar, dikutip dari The Guardian.

"Momen itu menyadarkan saya betapa sepakbola begitu berarti buat orang-orang ini. Saya pun termotivasi untuk mempersembahkan hasil-hasil positif buat mereka," ujarnya menambahkan.

"Ketika kami berjalan di jalanan, orang-orang siapa kami dan itu membuat sensasi seperti menjadi pemain Liga Inggris," katanya lagi.


[Gambas:Instagram]







Pertandingan debut Adam bersama Laskar Rencong terjadi pada laga kandang melawan Bhayangkara FC, 14 Maret lalu. Saat itu ada lebih dari 20 ribu penonton yang memadati Stadion Harapan Bangsa, di Banda Aceh.

Kemudian Persiraja dua kali menjalani laga tandang melawan Madura United dan Persik Kediri. Laga melawan Persik di Stadion Brawijaya, Kediri, dihadiri oleh 11 ribu pasang mata.

Dua pertandingan itu membuat pemain berusia 27 tahun menyadari hasrat besar orang Indonesia terhadap sepakbola. Sampai-sampai ia menyebut kondisi ini tak jauh berbeda dengan bermain di Inggris.

"Saya punya banyak teman yang main di Inggris, mulai dari Premier League hingga League Two (kasta keempat sepakbola Inggris); dan sekarang saya di Indonesia," tutur pemain kelahiran 1992.

"Mereka (rekannya pemain-pemain dari Inggris) sudah tahu tentang hasrat orang Indonesia terhadap sepakbola dan mereka sangat tertarik. Kami bisa menjalani gaya hidup fantastis dan bermain sepakbola dengan atmosfer seperti di Championship (kasta kedua Inggris) dan Liga Inggris," ucapnya.

"Saya kira banyak orang Inggris sudah membuka mata mereka dan tersadar bahwa bukan cuma Inggris yang punya atmosfer sepakbola seperti itu. Ada banyak negara lainnya, sebuah pengalaman berbeda yang bisa kami nikmati," katanya lagi.

(Halaman selanjutnya, cerita karir Adam Mitter)

Selanjutnya
Halaman
1 2
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com