sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Rabu, 03 Jun 2020 10:23 WIB

PSSI: Liga 1 dan Liga 2 Dilanjutkan, Bukan Mulai Musim Baru

Muhammad Robbani - detikSport
Bhayangkara FC vs Persija Jakarta di Shopee Liga 1 2020 menyajikan duel yang seru. Perang bintang itu tanpa pemenang. PSSI memutuskan Shopee Liga 1 dan Liga 2 2020 lanjut, bukan mulai musim baru. (Foto: detikcom/Grandyos Zafna)
Jakarta -

PSSI berencana melanjutkan Shopee Liga 1 dan Liga 2 2020 mulai September dan Oktober mendatang. Kompetisi bukannya memulai musim baru, melainkan dilanjutkan.

Hal itu disampaikan PSSI dalam virtual meeting dengan klub Liga 1 dan Liga 2, Selasa (2/6/2020). PSSI juga menawarkan kompetisi terkonsentrasi di Pulau Jawa, kenaikan nilai subsidi, hingga penghapusan sistem degradasi di Liga 1.

Khusus Liga 2, kompetisi akan dilanjutkan namun formatnya diganti turnamen. Sebanyak 24 tim akan dibagi ke dalam empat grup dari yang awalnya hanya dua grup saja.

Satu hal yang berubah adalah jatah promosi menjadi hanya dua tim saja dari yang seharusnya tiga tim. Sama seperti Liga 1, Liga 2 juga bakal dimainkan di Pulau Jawa.

Liga 1 2020 baru berjalan tiga pekan sejak dimulai pada 29 Februari lalu. Sementara Liga 2 baru berjalan satu pekan, namun masih banyak juga klub yang belum memainkan laga pertamanya.

"Jadi opsi untuk status Liga 1 dan 2 adalah kompetisi lanjutan. Kompetisi akan dijalankan dengan protokol kesehatan yang ketat," kata Pelaksana Tugas (Plt) Sekjen PSSI, Yunus Nusi, dikutip dari laman resmi federasi.

"Tadi dokter Syarif Alwi juga telah memberikan paparan kepada seluruh klub. Namun semua keputusan tetap di rapat Komite Eksekutif (Exco) PSSI," ujarnya menambahkan.

Setelah rapat dengan klub, PSSI juga menyempatkan rapat dengan Asosiasi Pesepakbola Profesional Indonesia (APPI) dan Asosiasi Pelatih Sepak bola Seluruh Indonesia (APSSI).

Namun belum semua klub memahami konsep kelanjutan kompetisi yang diinginkan PSSI. Masih banyak pertanyaan dari klub seputar pelaksanaan kompetisi nantinya.



Simak Video "Yunus Nusi Ditunjuk Jadi Plt Sekjen PSSI"
[Gambas:Video 20detik]
(cas/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com