sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Rabu, 03 Jun 2020 18:25 WIB

Protap COVID-19 Ala PSSI Segera Disosialisasikan ke Klub Liga 1 dan Liga 2

Muhammad Robbani - detikSport
Logo PSSI Protap COVID-19 Ala PSSI Segera Disosialisasikan ke Klub Liga 1 dan Liga 2 (Hasan Al Habshy/detikSport)
Jakarta -

PSSI sudah menyiapkan Prosedur Tetap (Protap) kesehatan COVID-19. Hal itu siap disosialisasikan ke klub-klub Shopee Liga 1 dan Liga 2 2020.

Protap COVID-19 menjadi syarat mutlak agar kompetisi Liga 1 dan Liga 2 bisa bergulir lagi. PSSI sudah berkonsultasi dengan pihak terkait untuk bisa menerapkan standar keselamatan pertandingan dari ancaman virus corona.

"Kami sudah ada protap kesehatan COVID-19, Protap kami mengadopsi arahan dari FIFA, Kemenkes, dan Kemenpora," kata Pelaksana Tugas (Plt) Sekjen PSSI, Yunus Nusi, kepada wartawan.

"Protokol kesehatan PSSI sudah dibukukan dan itu akan dibagikan klub, termasuk juga suporter, dan Timnas kita. Jadi kemarin pertemuaan (dengan klub) sangat bersahaja dan ramai. Pertemuan berjalan baik dan sukses," ujarnya menambahkan.



Hanya saja, terkait prosedur pelaksanaan Protap itu belum bisa dijabarkan lebih lanjut. Misalnya tes kepada pemain, pelatih, dan semua anggota klub sebagai syarat wajib sebelum berkompetisi.

Menengok ke Bundesliga Jerman, pemain atau anggota klub menjalani tes dua kali dalam sepekan. Jika didapati hasil positif, maka harus menjalani karantina.

"Secepatnya PSSI akan memutuskan, begitu juga untuk persoalan-persoalan gaji, hak dan kewajiban klub dan pemain. Insyaallah akan diputuskan dalam rapat Exco PSSI yang secepatnya akan dilaksanakan," tutur Yunus Nusi.



Simak Video "Yunus Nusi Ditunjuk Jadi Plt Sekjen PSSI"
[Gambas:Video 20detik]
(aff/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com