sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Jumat, 05 Jun 2020 00:02 WIB

Klub Liga 2 Ingin Punya Operator Kompetisi Sendiri

Randy Prasatya - detikSport
Logo Liga 2 Foto: -Liga 2 ingin mandiri punya operator kompetisi sendiri. (Foto: -)
Jakarta -

Klub Liga 2 2020 ingin memiliki operator kompetisi yang baru. Usulan ini siap diajukan ke PSSI.

15 klub Liga 2 2020 mengadakan pertemuan pada Kamis (4/6/2020). Beberapa ada yang hadir secara langsung di Aldiron, Jakarta, dan ada pula yang bergabung secara virtual.

Dalam pertemuan tersebut ada keinginan Liga 1 2020 yang mau disampaikan kepada PSSI. Mereka berharap bisa punya operator kompetisi sendiri. Selama ini klub Liga 2 merasa hanya sebagai pelengkap di PT Liga Indonesia Baru (LIB).

Saat ini 99 persen pemegang saham PT LIB adalah klub Liga 1. Klub Liga 2 tak memiliki jatah saham sehingga setiap Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) tidak punya kesempatan menyampaikan aspirasi.

"Beri kesempatan kami bertahap untuk mandiri. Liga 1 ada operator, Liga 2 (semoga) juga ada wadahnya. Sehingga meringankan beban liga (LIB), bertahap mengelola sendiri," kata Presiden Persiba Balikpapan, Gede Widiade.

"Ini masih wacana, saya sangat respect, masukan teman-teman punya komitmen ke depan. Setelah pandemi reda, kita sowan ke induk organisasi untuk memberikan masukan," sambungnya.

Menurutnya, pembentukan operator baru Liga 2 tersebut agar klub memiliki kekuatan hukum yang jelas. Sebab selama ini menurut eks Direktur Persija Jakarta itu, klub Liga 2 tidak memiliki keterkaitan hukum dengan LIB.

"Kalau terjadi apa-apa, LIB wanprestasi, kami lah yang jadi masalah. Sekarang tidak ada keterkaitan hukum dengan LIB. Kami butuh waktu, kalau disetujui, kita bentuk badan usaha," pungkasnya.



Simak Video "Prediksi Liverpool VS MU Bareng The Reds Indo dan United Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(ran/nds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com