sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Selasa, 16 Jun 2020 18:45 WIB

Piala AFF 2020 Sesuai Jadwal, Ada Potensi Perubahan Regulasi

Muhammad Robbani - detikSport
trofi Piala AFF Kemungkinan ada perubahan regulasi di Piala AFF 2020. (Foto: AFF Cup)
Jakarta -

Gelaran Piala AFF 2020 disetujui bergulir sesuai jadwal. Ada usulan turnamen ini menambah pemain yang didaftarkan.

Hal itu diketahui setelah AFF menggelar rapat online sebagaimana dilaporkan Bangkok Post, Senin (15/6/2020). Rapat tersebut digelar pada akhir pekan lalu dengan dipimpin Tran Quoc Tuan sebagai Wakil Presiden AFF.

Adapun keinginan menambah jumlah pendaftaran anggota tim ditambah lima menjadi 28 orang, dari 23 orang, mengacu dari aturan terbaru FIFA. Yakni diizinkannya mengganti lima pemain dalam satu pertandingan.

Aturan ini diterbitkan FIFA pada 8 Mei lalu setelah usulan pergantian pemain menjadi lima pemain diterima oleh Badan Aturan sepakbola Internasional (IFAB). Syarat gelaran atau turnamen yang ingin mengadopsi aturan ini wajib berjalan dan berakhir di 31 Desember 2020.

Keputusan ini tak lain adalah sebagai kompensasi FIFA dan IFAB terhadap perkembangan sepakbola global yang terpuruk akibat pandemi COVID-19. Aturan itu juga sudah berlaku dan bisa digunakan mulai 1 Juni lalu.

Namun aturan tersebut belum diputuskan resmi diadopsi di Piala AFF mendatang. Para anggota AFF akan kembali menggelar rapat membahas hal itu dalam waktu dekat.

Sementara itu, drawing grup Piala AFF disepakati akan digelar pada Agustus mendatang. Rencananya acara ini akan digelar di Vietnam.

Di sisi lain, rapat terakhir AFF juga menentukan nasib dua gelaran futsal. Asean Futsal Club Championship digelar 2-7 Desember dan dilanjutkan Asean Futsal Championship pada 25-31 Januari 2021.



Simak Video "Piala AFF Dipastikan Mundur Tahun Depan"
[Gambas:Video 20detik]
(cas/mrp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com