sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Rabu, 17 Jun 2020 15:20 WIB

Pelatih Persebaya Dukung Penuh Wacana Aturan Pemain Muda di Liga 1

Muhammad Robbani - detikSport
PT Liga Indonesia Baru (LIB) telah mengambil sikap untuk pertandingan Persija Jakarta vs Persebaya Surabaya. Laga ditunda untuk mewaspadai virus corona. Pelatih Persebaya Dukung Penuh Wacana Aturan Pemain Muda di Liga 1 (Suparno/detikcom)
Jakarta -

Pelatih Persebaya Surabaya Aji Santoso tak masalah wacana aturan pemain muda pada lanjutan Shopee Liga 1 2020. Ia yakin kualitas kompetisi tak akan berkurang.

Adalah Asosiasi Pelatih Sepakbola Seluruh Indonesia (APSSI) yang mengusulkan ide ini saat menyampaikan saran ke PSSI beberapa waktu lalu. Tujuannya, untuk membantu persiapan Timnas Indonesia U-19 yang akan tampil di Piala Dunia U-20 2021.

Bagi Aji Santoso, ide itu sejalan dengan pemikirannya yang selama ini memang dikenal kerap mengorbitkan pemain muda. Persebaya pun punya sosok-sosok pemain muda andalan dalam diri Rachmat Irianto atau Muhammad Hambali Tholib.

"Saya setuju dengan aturan federasi yang telah ditentukan. Apalagi diwajibkan untuk memainkan pemain-pemain muda, saya sangat setuju," kata Aji Santoso dalam rilis Persebaya.

"Apalagi kan memang saya sendiri sangat support dengan pemain muda untuk bisa tampil. Intinya saya sangat setuju," ujarnya menambahkan.



APSSI mengusulkan ide ini dengan berkaca ke Liga 1 2017 yang pernah menerapkan aturan serupa. PSSI era Ketua Umum Edy Rahmayadi saat itu mewajibkan klub mengontrak lima pemain U-23 dengan tiga di antaranya wajib menjadi starter.

Namun APSSI tak ingin klub nantinya hanya memainkan pemain U-20 untuk sekadar memenuhi regulasi. Pemain muda wajib diberikan banyak kesempatan.

Aji Santoso sepaham dengan hal itu dan siap melaksanakan andai aturan itu benar-benar diterapkan. Ia tak setuju nilai kompetisi akan berkurang jika menerapkan aturan itu.

"Menurut saya enggak ada lah pengurangan kualitas, karena kan pemain muda seperti Saddil Ramdani dan M. Rafli serta pemain-pemain muda lainnya bisa bersaing kok dengan pemain2 yang senior," tutur eks pelatih Persela Lamongan.

"Menurut saya itu nggak ada alasan mengurangi kualitas dari kompetisi. Banyak pemain-pemain muda yang punya kualitas sangat bagus dan juga bisa mewarnai (kompetisi) seperti Syahrian Abimanyu, itu kan juga pemain muda," ucapnya.



Simak Video " Bonek Hijrah, Pendukung Persebaya Hapus Tato"
[Gambas:Video 20detik]
(aff/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com