sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 18 Jun 2020 13:55 WIB

Ulang Tahun ke-93 yang Tak Ideal buat Persebaya

Muhammad Robbani - detikSport
Persebaya Surabaya memastikan meraih gelar Piala Gubernur Jatim 2020. Di partai final, mereka mengalahkan Persija Jakarta yang bermain dengan 10 pemain 4-1. Persebaya Surabaya merayakan HUT ke-93 dalam kondisi yang tak ideal. (Foto: detikcom/Rachman Haryanto)
Jakarta -

Persebaya Surabaya merayakan ulang tahunnya yang ke-93, Kamis (18/6/2020). Sayang, momen penanda sejarah panjang tiba di saat yang tak ideal lantaran COVID-19.

93 tahun bukan usia yang singkat. Kiprahnya di jagat sepakbola nasional sudah dimulai sejak era kolonial, bahkan sebelum PSSI berdiri.

Klub ini menjadi salah satu dari tujuh klub yang mendirikan PSSI pada 19 April 1930. Persebaya yang saat itu masih bernama SIVB, sepakat mendirikan PSSI bersama VIJ Jakarta, BIVB Bandung, Perserikatan Sepakraga Mataram (PSM), IVBM Magelang, VVB Solo, dan MVB Madiun.

Persebaya pun tercatat sebagai klub kedua yang paling banyak menjuarai kompetisi sepakbola nasional di bawah Persija Jakarta. Bajul Ijo juara delapan kali dengan rincian enam kali Perserikatan dan dua kali Liga Indonesia.

Melihat prestasi itu, bukannya Persebaya tak pernah terpuruk. Klub kebanggaan Bonek itu pernah lama diguncang masalah dualisme sejak 2009.

Sejak saat itu pula Persebaya cuma berkiprah di kasta bawah kompetisi sepakbola nasional. Setelah perjuangan panjang, akhirnya Persebaya bangkit lagi dengan promosi ke Liga 1 2017.

Setelahnya, kiprah Persebaya cukup konsisten dengan menempati menempati lima besar 2018 lalu menjadi runner-up Shopee Liga 1 2019. Dengan modal itu, Persebaya pun menatap Shopee Liga 1 2020 dengan optimistis.

Selanjutnya
Halaman
1 2
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com