sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Minggu, 21 Jun 2020 10:01 WIB

Shopee Liga 1 Bentrok dengan Agenda Timnas, PT LIB Cari Siasat

Muhammad Robbani - detikSport
Bhayangkara FC vs Persija Jakarta di Shopee Liga 1 2020 menyajikan duel yang seru. Perang bintang itu tanpa pemenang. PT Liga Indonesia Baru mencari siasat agar Shopee Liga 1 bisa sejalan dengan agenda Timnas Indonesia. (Foto: detikcom/Grandyos Zafna)
Jakarta -

Lanjutan Shopee Liga 1 2020 kemungkinan akan bentrok dengan jadwal Timnas Indonesia. PT Liga Indonesia Baru (LIB) menyebut dua hal itu akan berjalan beriringan.

Rencananya kompetisi akan mulai digulirkan lagi pada awal Oktober mendatang. Di saat yang sama ada tiga agenda Timnas Indonesia pada sisa Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

Pertama bertandang ke markas Timnas Thailand pada 8 Oktober, menjamu Timnas Uni Emirat Arab pada 13 Oktober. Dan terakhir dijamu Vietnam pada 12 November.

Setelah itu juga ada Piala AFF 2020 yang sudah menunggu. Ajang dua tahunan bakal digelar mulai 23 November hingga 31 Desember.

"Kompetisi berjalan, Timnas Indonesia juga berjalan. Jadi Shopee Liga 1 berlangsung, pemusatan latihan Timnas Indonesia juga berlangsung, itu paralel," kata Direktur Operasional PT LIB, Sudjarno, kepada wartawan.

"Liga 1 dimulai condong ke awal Oktober untuk mempersiapkannya. Karena klub kan harus mempersiapkan diri, memanggil pemain segala macam. Itu butuh waktu sekitar dua bulan ya," ujarnya.

Untuk menghindari konflik, PT LIB bersama PSSI tengah menyusun regulasi pemanggilan pemain ke Timnas Indonesia. Bisa jadi ada penerapan pembatasan maksimal pemanggilan pemain dari setiap klub.

Hal seperti itu pernah terjadi di Piala AFF 2016. Saat itu pemanggilan pemain dibatasi maksimal dua pemain per klub sebagai solusi lantaran Piala AFF berlangsung di tengah kompetisi domestik yang masih berjalan.

"Oleh karena itu regulasinya sekarang sedang kami susun juga bersama-sama PSSI dan PT LIB menyusun itu semua, terkait dengan regulasinya," tutur Sudjarno.

"Regulasinya disusun sedemikian rupa, oleh karena itu opsi tanpa degradasi itu. Itu yang bisa menyemati ini, satu menyemangati timnas bahwa masih bisa bermain, kemudian masih bisa ikut kompetisi, dan juga masih bisa ikut pemusatan latihan," ucapnya.



Simak Video "PSSI Ancam Pecat Shin Tae-yong, Kenapa?"
[Gambas:Video 20detik]
(cas/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com