sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Senin, 22 Jun 2020 14:41 WIB

Shopee Liga 1 2020 Lanjut Oktober, Akan seperti Liga di Eropa

Muhammad Robbani - detikSport
Logo Liga 1 2020, Logo Liga 1 Shopee Liga 1 2020 Lanjut Oktober, Akan seperti Liga di Eropa. (Foto: Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Lanjutan Shopee Liga 1 2020 bakal bergulir dari bulan Oktober 2020. Dengan jadwal rampung Februari 2021, kompetisi akan berjalan lintas tahun seperti di Eropa.

PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi mengaku hal itu tak bisa dihindari. Idealnya kompetisi berlangsung dalam satu tahun dengan batas waktu hingga akhir tahun.

"Iya lintas tahun, jadi nanti kami akan mengikuti (kompetisi) di Eropa. Rencananya kompetisi akan selesai pada Februari (2021). Berarti sekitar lima bulan, dari Oktober sampai Februari," kata Direktur Operasional PT LIB Sudjarno kepada wartawan.

PT LIB berencana juga akan menerapkan format kompetisi yang sama pada musim-musim selanjutnya. Jadi, kompetisi musim 2021 juga akan menerapkan format serupa.

Namun, khusus untuk musim selanjutnya akan dibahas dahulu di Kongres Tahunan PSSI. Khusus musim 2020 adalah kasus berbeda karena pandemi virus corona.

"Nanti konsekuensinya untuk kompetisi 2021 nanti menjadi 2021/2022. Tapi harus disahkan di Kongres PSSI karena kan musim kompetisinya amanat kongres itu. Jadi kalau misalnya lintas tahun, berarti kan harus melalui kongres juga" ujar Sudjarno.

"Regulasinya juga akan dibuat dan berbeda dibanding waktu normal. Apalagi kan misalnya paralel nih, kompetisi berjalan, timnas juga berjalan, kan gitu," ucapnya.

Format kompetisi domestik di Asia lazim diselenggarakan dalam satu tahun. Hal itu tak terlepas dari kejuaraan antar klub Asia seperti Liga Champions Asia (LCA) dan Piala AFC yang juga berlangsung dalam satu tahun di penanggalan kalender.

LCA dan Piala AFC biasanya sudah dimulai sejak Bulan Januari untuk babak kualifikasinya, dengan babak utamanya pada Bulan Februari. Artinya, kompetisi domestik sudah harus selesai pada akhir tahun untuk penentuan perwakilan di dua ajang tersebut.

Dari pengamatan detikSport, hanya Australia dari anggota AFC yang punya kompetisi domestik dengan format lintas tahun seperti di Eropa. Karena itu pula mereka punya cara yang berbeda dalam menentukan klub perwakilannya di LCA.

Contohnya Perth Glory, Sydney FC, dan Melbourne Victory menjadi wakil Australia di LCA musim 2020 berkat hasil yang mereka dapatkan di A-League musim 2018/19. Tiga klub Australia itu mewakili Negeri Kangguru berdasarkan hasil di dua musim kompetisi domestik sebelumnya.



Simak Video "Barcelona Tendang Napoli dari Liga Champions"
[Gambas:Video 20detik]
(krs/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com