sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Rabu, 01 Jul 2020 21:30 WIB

Pemerintah ke PSSI: Mana Pengajuan Anggaran Piala Dunia U-20 2021?

Muhammad Robbani - detikSport
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengajak masyarakat tetap aktif berolahraga di masa pandemi corona. Ajakan itu direalisasikan lewat program WAH (Workout at Home) Menpora Zianudin Amali menagih proposal pengajuan anggaran Piala Dunia U-20 2021 dari PSSI. (Foto: Dok.Kemenpora)
Jakarta -

Pemerintah belum bisa memastikan jumlah anggaran untuk penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2021. Alasannya, pengajuan anggaran dari PSSI tak kunjung beres.

Hal itu diungkapkan Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali, dalam keterangan persnya, Rabu (1/7/2020). Kali ini, Zainudin Amali bicara dalam kapasitasnya sebagai Ketua Panitia Penyelenggara Piala Dunia U-20 2021 (INAFOC).

Ia ditunjuk langsung oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dalam dalam Sidang Kabinet Terbatas (Ratas) yang dihadiri Kemenpora, beberapa kementerian lain, Presiden Jokowi, hingga Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, siang tadi. Diingatkannya, pengajuan anggaran oleh PSSI harus dilakukan secara presisi dan dengan perhitungan yang cermat.

"Secara pasti berapa jumlah anggarannya belum diketahui. Tetapi semua akan disanggupi oleh Kemenkeu (Kementerian Keuangan) untuk menyiapkan anggaran. Jadi, ditunggu saja, baru tadi kami baru ditunjuk, jadi akan menyiapkan" kata Zainudin Amali.

"Kami akan segera rapatkan (masalah anggaran) karena akan masuk di DIPA (daftar isian pelaksanaan anggaran) Kemenpora. Apa di 2020 masih cukup? atau ada tambahan untuk 2021, itu sudah pasti dan sudah disampaikan di Ratas tadi," ujarnya menambahkan.

"Angka harus presisi. Tidak boleh ngarang, tidak boleh ada penyelewengan, bahkan korupsi. Tidak boleh ada satu rupiah pun yang disalahgunakan," katanya lagi menegaskan.

Sebenarnya PSSI sudah pernah mengajukan proposal anggaran Piala Dunia U-20 2021 kepada pemerintah (Kemenpora), pada Kamis (11/6/2020). Namun Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora) Gatot S Dewa Broto, pernah menyatakan bahwa proposal itu perlu direvisi.

Terkini, revisi proposal itu masih belum juga diserahkan PSSI. Hal itu juga dibenarkan oleh Zainudin Amali.

"Anggaran PSSI masih kami review dan butuh waktu di review, apalagi ada perubahan rencana program. Kami sedang tunggu, hal-hal yang sudah fixed kita review sambil berjalan," ucap Zainudin Amali.

Masalah proposal Piala Dunia U-20 2021 pula yang membuat PSSI belum bisa memastikan lokasi pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19. Rencananya, PSSI ingin pemusatan latihan digelar di Stadion Madya, Jakarta, awal Juli ini.



Simak Video "PSSI Sebut 6 Stadion Piala Dunia U-20, di Mana Saja?"
[Gambas:Video 20detik]
(cas/aff)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com