sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Jumat, 03 Jul 2020 18:33 WIB

Tercoret dari Venue Piala Dunia U-20, Stadion Pakansari Tetap Renovasi

Muhammad Robbani - detikSport
hanya sedikit suporter Persija Jakarta yang mendatangi stadion Pakansari, dalam laga melawan Tira Persikabo Tercoret dari Venue Piala Dunia U-20, Stadion Pakansari Tetap Renovasi (Amalia Dwi Septi/detikSport)
Bogor -

Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bogor tetap akan melanjutkan renovasi Stadion Pakansari meski dikabarkan tak terpilih menjadi venue Piala Dunia U-20 2021.

Pakansari terlempar dari daftar enam stadion yang dipilih PSSI untuk menggelar Piala Dunia U-20. Selain Pakansari, Stadion Mandala Krida juga mendapat nasib serupa. Posisi keduanya kini digantikan oleh Stadion Gelora Sriwijaya dan Stadion Si Jalak Harupat.

Meski begitu, Stadion Pakansari tetap akan melakukan renovasi sebagaimana yang direncanakan sebelumnya. Untuk sementara, Dispora Bogor akan menggunakan dana APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) terlebih dahulu. Sebelumnya anggaran dana dari APBN (Anggaran Penerimaan dan Belanja Negara) juga akan digunakan.

"Renovasi Pakansari akan tetap dilakukan menjadi sesuai standar FIFA. Menggunakan dana APBD, kalau APBN kami belum tahu," kata Kadispora Bogor, Bambang Setiawan, kepada detikSport.



Renovasi Pakansari sebenarnya memang sudah masuk agenda Dispora Bogor walau tanpa ada Piala Dunia U-20. Makanya setelah Pakansari tercoret rencana renovasi akan tetap jalan.

Sedianya dana APBN juga akan digunakan untuk pembangunan sarana tambahan seperti membuat lapangan latihan baru di Bogor. Sedangkan APBD untuk perawatan fisik stadion dan akan dikucurkan Pemda lewat Dispora Bogor.

"Iya memang (Pakansari) sudah waktunya harus direhabilitasi, harus dibenahi kalau ingin menjadi stadion berstandar internasional," ujar Bambang.



Ditambahkan Bambang, renovasi tetap lanjut sambil berharap daftar enam stadion venue Piala Dunia U-20 bisa berubah. Apalagi memang ada keputusan resmi dari FIFA.

Adapun enam stadion yang diumumkan sebelumnya adalah versi pilihan PSSI yang kemudian disetujui pemerintah lewat Panitia Penyelenggara Piala Dunia (INAFOC). Namun INAFOC juga sudah siap andai nantinya FIFA punya putusan berbeda soal venue pilihannya.

"Pakansari masih berharap, keputusan resmi nanti setelah kunjungan FIFA. Syukur-syukur nanti begitu dikunjungi, Pakansari juga dikunjungi," tutur Bambang berharap.



Simak Video "PSSI Sebut 6 Stadion Piala Dunia U-20, di Mana Saja?"
[Gambas:Video 20detik]
(aff/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com