sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Jumat, 03 Jul 2020 22:20 WIB

Persib Bandung Persiapan Latihan, Kembali Lakukan Swab Test PCR

Yudha Maulana - detikSport
Persib Bandung melakukan swab test untuk para pemainnya. Persib Bandung melakukan swab test sebagai bagian persiapan latihan. (Foto: detikcom/Yudha Maulana)
Bandung -

Persib Bandung melaksanakan swab test lagi untuk pemain dan para ofisial. Hal itu dilakukan sebagai persiapan Maung Bandung kembali latihan.

Di Graha Persib, Kota Bandung, Jumat (3/7/2020) sore, pemeriksaan ini dilakukan. Pemeriksaan ini tak langsung dilaksanakan kepada semua pemain, pasalnya sejumlah awak Persib masih berada di luar Bandung. Geoffrey Castillion dan Wander Luiz yang masih belum tiba di Kota Kembang.

Terpantau sejumlah pemain masuk ke dalam ruangan untuk diambil sampel swabnya. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pun memantau langsung pengambilan sampel swab para pemain Persib.

"Saya memfasilitasi persiapan Persib dan pemain-pemainnya untuk memulai aktivitas normal yaitu latihan, persyaratan dari PPSI yang mensyaratkan minimal harus ada rapid test. Di Jabar khususnya kami merasa lebih baik tidak rapid test, tapi menggunakan swab PCR yang memang paling kuat dan paling terukur dalam mengukur swab," ujar Ridwan Kamil kepada pewarta.

Pada akhir Maret 2020, Wander Luiz terkonfirmasi COVID-19 setelah menjalani test PCR. Menurut Kang Emil -sapaan Ridwan Kamil- bila andalan lini depan Persib Bandung tersebut diperiksa dengan test rapid, bisa dipastikan hasilnya reaktif.

"Kalau di-rapid test pasti reaktif lagi karena rapid test itu mengetes antibodi, karena antibodinya sudah banyak dan sembuh. Nah itu kalau reaktif pada yang sudah sembuh kan bukan berarti dia positif, makanya Persib meminta kepada kami dan kami setuju bentuknya swab PCR. Doakan saja dalam satu atau dua hari hasilnya menyatakan kalau Persib sudah siap kembali menendang bola di lapangan," kata Kang Emil.

Dokter tim Persib Bandung Raffi Ghani mengatakan, sedikitnya 46 orang dari pemain, pelatih dan ofisial klub yang diperiksa swab pada kesempatan itu. Pemeriksaan ini, tutur Raffi, didukung penuh Labkesda Jabar dari Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Jabar.

"Karena di tengah pandemi virus Corona sehingga banyak protokol kesehatan yang harus dijalani. Alhamdulillah hari ini, semua yang terlibat dari pelatih, ofisial, pemain, media ofisial, hingga semua yang selalu bersama Persib turut dilakukan pemeriksaan. Pemeriksaan ini seperti yang disebutkan pak gubernur akan dilakukan dalam dua tahap, karena belum semua pemain dan offisal belum bisa berkumpul hari ini. Tapi kita pastikan untuk berlatih bersama semua sudah melakukan tes PCR hari ini," kata Raffi.



Simak Video "Menagih Janji Ridwan Kamil Ubah Kalimalang Ala Sungai di Korea"
[Gambas:Video 20detik]
(yum/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com