sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Sabtu, 04 Jul 2020 20:04 WIB

Struktur Lengkap INAFOC Menunggu Keputusan Presiden

Muhammad Robbani - detikSport
Mochamad Iriawan Ketum PSSI, Mochamad Iriawan, mengungkap susunan kepanitiaan Piala Dunia U-20 2021 menunggu Presiden RI Joko Widodo. (Foto: detikcom/Randy Prasatya)
Jakarta -

Struktur kepanitiaan Piala Dunia U-20 2021 (INAFOC) belum rampung. Alasannya, masih menunggu Keputusan Presiden (Keppres) terkait persiapan perhelatan itu.

Baru Menpora Zainudin Amali yang dipastikan masuk struktur. Ia ditunjuk langsung oleh Presiden RI Joko Widodo untuk menjadi Ketua INAFOC dalam Rapat Internal Terbatas (Ratas) Kabinet pada, Rabu (1/7/2020).

Zainudin Amali memastikan bahwa INAFOC nantinya juga akan diisi oleh para pengurus PSSI. Sebelum pengambilalihan oleh pemerintah, INAFOC sempat dikabarkan akan dipegang oleh PSSI. Wakil Ketua Umum PSSI, Iwan Budianto, pun sempat dikabarkan menjadi Ketua INAFOC pada awal tahun ini.

"Kami belum memiliki siapa saja nama-nama pengurusnya (INAFOC). Karena kami masih menunggu Keppres," kata Zainudin Amali kepada wartawan.

"PSSI pasti masuk. Untuk posisinya di mana, kita lihat nanti. Kami akan kerjakan bersama. Tak ada masalah antara Kemenpora dengan PSSI," ujarnya menambahkan.

Sama seperti Zainudin Amali, PSSI juga masih enggan mengungkap siapa saja nama-nama yang akan masuk dalam struktur INAFOC. untuk menyambut Piala Dunia U-20 2021. Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan menyerahkan keputusan ini ke Zainudin Amali selaku Ketua INAFOC.

Mochamad Iriawan juga tak keberatan andai ditunjuk untuk masuk ke dalam struktur. Nantinya kedua belah pihak akan melakukan komunikasi lanjutan untuk melengkapi susunan struktur INAFOC.

"Kami belum memberi rekomendasi siapa saja, nanti akan didiskusikan. Yang jelas keputusannya ada di Pak Menteri. Kalau Pak Menteri meminta saya, ya saya tidak bisa menolak," ucap Iwan Bule.

Meski begitu, Zainudin Amali sebelumnya sudah mengungkapkan pembagian tugas antara pemerintah dan PSSI untuk persiapan Piala Dunia U-20 2021. Pemerintah melalui INAFOC fokus mempersiapkan penyelenggaraan Piala Dunia, sedangkan PSSI berkonsentrasi ke persiapan Timnas Indonesia U-19.

"Pemerintah, sesuai Ratas Presiden, ada pembagian tugas kepada kami dan lembaga lain. PSSI konsentrasi ke Timnas," tutur Zainudin Amali.

"Dan mudah-mudahan kami segera siap karena waktu sudah sangat pendek. Apalagi, kurang lebih selama empat bulan pelatnas dan persiapan sedikit tertunda," kata pria asal Gorontalo itu.



Simak Video "PSSI Sebut 6 Stadion Piala Dunia U-20, di Mana Saja?"
[Gambas:Video 20detik]
(cas/rin)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com