sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 09 Jul 2020 19:07 WIB

Petteri Pennanen Ungkap Alasan Tinggalkan Tira Persikabo

Muhammad Robbani - detikSport
Petteri Pennanen Petteri Pennanen Ungkap Alasan Tinggalkan Tira Persikabo. (Foto: Instagram/petepennanen)
Jakarta -

Petteri Pennanen mengungkap alasannya meninggalkan Tira Persikabo. Salah satunya terkait pemotongan gaji sampai maksimal 75 persen, yang merupakan arahan dari PSSI.

Pennanen tak suka dengan kebijakan yang ia anggap diambil secara sepihak seperti itu. Di saat yang sama, rencana kelanjutan Shopee Liga 1 2020 juga masih menggantung. Hal itulah yang jadi alasan berikutnya.

Saat ini pemain asal Finlandia itu sudah meninggalkan Indonesia sejak awal April lalu. Di kampung halamannya, ia menunggu kabar terbaru terkait kelanjutan kompetisi.

Sebenarnya PSSI sudah memutuskan untuk menggelar kompetisi lagi paling lambat pada Bulan Oktober mendatang. Tapi ia merasa itu terlalu lama buatnya untuk menunggu.

Dengan alasan-alasan itu ia mantap memutuskan mengakhiri kariernya secara prematur di Indonesia. Di Finlandia, ia menyempatkan ikut berlatih bersama Kuopion Palloseura (KuPS) yang merupakan klub lamanya.

"Akan menjadi keputusan bodoh buat saya jika memutuskan kembali dengan situasi yang tengah terjadi di sana. Apalagi kompetisi juga tak akan dimulai sampai Oktober," kata Petteri Pennanen dalam wawancara eksklusifnya dengan YLE.

"Ini bukan keputusan yang patut disesali, tapi sayang sekali harus berakhir seperti ini," ujarnya menambahkan.

Pemain berusia 29 tahun itu juga mendengar rencana PSSI yang akan melanjutkan kompetisi dengan tetap menerapkan sistem kompetisi penuh. Kompetisi pun dipastikan tak akan selesai pada akhir tahun karena diambilnya opsi tersebut.

PSSI ingin kompetisi selesai pada Bulan Februari 2021. Sementara PT Liga Indonesia Baru (LIB) memprediksi kompetisi berakhir pada Bulan Maret.

"Dengan opsi itu, kompetisi mungkin baru akan selesai pada Bulan Maret. Hal itu bisa merusak rencana (karier) saya buat tahun depan," tutur mantan kapten KuPS itu.

"(Gabung klub) Finlandia menjadi pilihan realistis buat saat ini, apalagi liga di sini (Veikkausliiga 2020) juga baru dimulai. Saya ingin segera kembali ke lapangan secepatnya," ucapnya.

Masih dalam laporan YLE, KuPS saat ini tengah membuka peluang untuk merekrut Pennanen lagi. CEO klub, Jarmo Heiskanen, dilaporkan sedang bernegosiasi dengan sang pemain.

Sebelumnya, Direktur Perkembangan Bisnis Tira Persikabo Rhendie Arindra mengungkap rencana klubnya terhadap keputusan Pennanen meninggalkan klub. Sang pemain akan dijual ke klub Finlandia karena masih terikat kontrak dengan Laskar Padjadjaran.

"Masih terikat kontrak dengan kami. Kami sedang mencari opsi transfer ke klub Finlandia. Iya (klub Finlandia harus bayar transfer)," kata Rhendie Arindra, kepada detikSport, mengenai kelanjutan nasib Petteri Pennanen.



Simak Video "Piala AFF Dipastikan Mundur Tahun Depan"
[Gambas:Video 20detik]
(krs/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com