sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 09 Jul 2020 21:10 WIB

Shin Tae-yong Mau ke Indonesia Bahas TC Timnas U-19 di Korsel

Muhammad Robbani - detikSport
shin tae-yong mochamad iriawan pssi timnas indonesia Shin Tae-yong akan ke Indonesia bahas TC Timnas U-19 di Korsel. (Foto: Dok. PSSI)
Jakarta -

Shin Tae-yong berjanji untuk datang ke Indonesia. Bukan untuk memimpin Timnas U-19, melainkan rencana program di Korea Selatan.

Kepastian kedatangannya itu didapat lewat surat yang dikirim Shin Tae-yong ke PSSI. Surat tersebut sudah diterima oleh Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan.

Pelatih berusia 49 tahun itu pun meminta jaminan dari PSSI soal mekanisme kedatangannya ke Indonesia. Hal itu terkait aturan kedatangan warga asing ke Tanah Air di tengah pandemi virus Corona.

"Kami ingin informasi yang akurat tentang jadwal dan persiapan TC Timnas U-19 di Korea Selatan. Jadwal saya dan tim pelatih dari Korea Selatan ke Indonesia, lalu periode isolasi, tempat isolasi, dan jadwal selama periode isolasi," kata Shin Tae-yong, dikutip dari laman resmi PSSI.

Eks pelatih Seongnam Ilhwa Chunma itu meminta dukungan dari publik sepakbola Indonesia. Banyak pekerjaan besar yang sudah menunggunya, mulai dari Piala Asia U-19, Piala AFF 2020, dan Piala Dunia U-20 2021.

Ekspektasi paling besar disandarkan ke Timnas Indonesia U-19 yang akan tampil di Piala Dunia U-20. PSSI dan pemerintah ingin Timnas Indonesia U-19 minimal lolos dari fase grup.

"Saya ingin mendapat dukungan semua pihak, sehingga kami dapat memberikan harapan kepada semua orang Indonesia melalui sepak bola selama masa sulit ini. Sekali lagi saya ingin bertemu Ketua Umum PSSI di Indonesia sesegera mungkin dan membahas tentang rencana kami," ujar Shin Tae-yong.

"Tujuan utama adalah untuk lolos dari fase grup pada Piala Dunia U-20 tahun 2021 dan juara Piala AFF 2022. Oleh karena itu, yang lebih penting adalah Piala AFC U-19 2020 dan Piala AFF 2020 sebagai proses bagi kita untuk naik ke level yang lebih tinggi," tuturnya.

"Tidak ada pelatih yang tidak bertujuan untuk meraih kemenangan. Tapi sekarang saatnya untuk menginvestasikan waktu dan upaya untuk hasil di masa depan. Tolong bantu saya untuk ini dengan semua orang di PSSI dan semua media yang peduli tentang sepak bola Indonesia," ucapnya.

Mochamad Iriawan pun menyambut permintaan jaminan Shin Tae-yong terhadap kedatangannya di Indonesia. Dikabarkan sebelumnya, orang asing tak bisa datang ke Indonesia karena aturan Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) yang mengeluarkan peraturan Nomor 11 Tahun 2020 tentang Larangan Warga Asing Datang ke Indonesia.

Soal ini, pemerintah melalui Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga, Gatot S Dewa Broto, menjamin kedatangan orang dengan posisi strategis bisa dijamin negara. Apalagi Shin Tae-yong berstatus pelatih yang akan menangani Timnas Indonesia di Piala Dunia U-20.

"Shin Tae-yong tidak menemui hambatan masuk ke Indonesia saat ini karena dia termasuk orang asing yang akan bekerja pada proyek strategis. Kami juga akan melakukan koordinasi dengan berbagai pihak untuk proses ia kembali ke Indonesia," ucap Iriawan.

"Iya saat ini PSSI menunggu Shin Tae-yong untuk kembali ke Indonesia bertemu dengan kami. Saat ini kami terus berkoordinasi dengan Shin Tae-yong untuk jadwal ke Indonesia. Visa dan Kitas-nya (Kartu Izin Tinggal Terbatas) dia pun sudah ada," ujarnya.



Simak Video "Kisruh dengan Shin Tae-yong, PSSI Salahkan Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(cas/aff)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com