sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Jumat, 10 Jul 2020 22:45 WIB

PT LIB Akan Panggil Klub-klub Penolak Shopee Liga 1 2020

Muhammad Robbani - detikSport
logo liga 1 2019 shopee liga 1 2019 PT LIB akan memanggil klub-klub yang menolak Liga 1 dilanjutkan (Rifkianto Nugroho/detikSport)
Jakarta -

PT Liga Indonesia Baru akan bicara dengan klub penolak Shopee Liga 1 2020. Setidaknya ada empat hingga lima klub yang keberatan dengan kelanjutan kompetisi.

Mereka adalah Persebaya Surabaya, Barito Putera, Persik Kediri, dan Barito Putera. Selain itu ada juga Persipura Jayapura yang enggan melanjutkan kompetisi jika izin kompetisi sepakbola belum diterbitkan pemerintah.

Penolakan itu disuarakan klub-klub ketika PSSI memastikan kelanjutan kompetisi yang rencananya akan digelar mulai Bulan Oktober mendatang. Alasannya bermacam-macam, mulai dari khawatir penyebaran virus corona, finansial, hingga izin pemerintah.

Menanggapi hal itu, PT LIB selaku operator kompetisi akan mengajak bicara para klub. PT LIB akan memanggil Persebaya dkk untuk menggelar pertemuan secara virtual.

Terkini, PT LIB baru saja mengirim surat kepada klub tentang sosialisasi teknis pelaksanaan kompetisi Shopee Liga 1 2020. Surat itu adalah tindak lanjut setelah pertemuan PT LIB dengan PSSI yang membahas kelanjutan kompetisi pada, Jumat (9/7/2020).

"Ini karena PT LIB belum berkomunikasi lagi (dengan klub) sejak penangguhan kompetisi. Surat yang kami luncurkan itu nanti akan ditindaklanjuti, pekan depan kami akan virtual meeting dengan klub-klub itu," kata Direktur Operasional PT LIB, Sudjarno, kepada wartawan.

"Kami akan komunikasi terkait dengan kejelasan, informasi, dan perkembangan yang sudah kami siapkan. Di surat itu kamu juga meminta kepada klub untuk minta data tentang rencana homebase mereka di mana. Nanti dari surat itu, baru ada diskusi terkait dengan virtual meeting tadi," sambungnya.

Sejauh ini izin dari pemerintah belum turun terhadap berlangsungnya gelaran sepakbola. Sebelumnya Gugus Tugas penanganan COVID-19 juga mengkategorikan sepakbola sebagai olahraga sentuhan fisik yang berbahaya jika digelar dalam waktu dekat.

PT LIB sadar dengan kondisi itu dan berencana untuk membuka komunikasi dengan Gugus Tugas.

"Pasti kami akan bicara dengan Gugus Tugas. Itu bagian yang harus kami koordinasikan, bukan hanya LIB, PSSI juga sudah punya rencana ke sana," tuturnya.

"Kami akan bicara dengan gugus tugas pusat maupun daerah. Ini sudah jadi bagian daripada strategi kami. Timeline (kompetisi Shopee Liga 1 2020) juga sudah kami rencanakan untuk ketemu dengan gugus tugas," demikian dia.



Simak Video "Stadion Gelora BJ Habibie Siap Jadi Kandang PSM Makassar"
[Gambas:Video 20detik]
(mrp/raw)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com