sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 06 Agu 2020 19:49 WIB

Inpres Piala Dunia U-20 2021 Tinggal Ditandatangani Presiden Jokowi

Muhammad Robbani - detikSport
Presiden Jokowi Inpres Piala Dunia U-20 2021 Tinggal Ditandatangani Presiden Jokowi (Muchlis Jr-Biro Pers Setpres)
Jakarta -

Terkait Piala Dunia U-20 2021, Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali memastikan Instruksi Presiden (Inpres) sudah rampung. Inpres hanya tinggal ditandatangani Presiden Ri Joko Widodo.

Dengan begitu, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia pun bisa segera memulai pekerjaannya, yaitu renovasi dan membangun lapangan di empat kota untuk Piala Dunia U-20 2021.

Dua kota yakni Surabaya dan Palembang sudah lebih dulu memulai pekerjaan renovasi stadion dan membangun lapangan baru. Itu karena mereka bersedia mengeluarkan anggaran sendiri dari APBD.

Dengan Inpres Piala Dunia U-20 2021 ini, pemerintah pun sudah menentukan dimana saja lokasi lapangan latihan sebagai pendamping tiap-tiap venue. Sebagaimana diketahui, FIFA mewajibkan kota tuan rumah untuk menyiapkan lima lapangan latihan sebagai pendamping venue utama.

Adapun enam venue yang telah dipilih adalah SUGBK, Gelora Sriwijaya, Si Jalak Harupat, Manahan, Gelora Bung Tomo (GBT), dan Kapten I Wayan Dipta.

"Soal Inpres, sudah oke. Tinggal ditandatangani Pak Presiden. Stadion sudah ditetapkan dan Jakarta ada SUGBK dan lapangan pendukung lainnya," kata Zainudin Amali saat memberikan keterangan pers di kantornya, Kamis (6/8/2020).

"Lapangan penunjang SUGBK ada Stadion Madya, Lapangan ABC (3 lapangan), Kuningan (Stadion Soemantri Brodjonegoro) dan PTIK. Di Jawa Barat itu Stadion Si Jalak Harupat dan lapangan pendukung-pendukung lainnya," ujarnya menambahkan.

"Selanjutnya Stadion Manahan di Solo dan lapangan pendukungnya. Selanjutnya GBT (Stadion Gelora Bung Tomo) di Surabaya, Stadion Kapten I Wayan Dipta, dan terakhir Jakabaring di Palembang," katanya lagi.

Enam stadion pilihan pemerintah itu nantinya masih bisa berubah jika FIFA lebih menyetujui kandidat lima stadion lainnya yang juga sempat diajukan Indonesia. FIFA seharusnya sudah datang menentukan pilihannya sejak Bulan Maret lalu, namun terganjal pandemi virus corona.

Lima stadion kandidat lain untuk Piala Dunia U-20 2021 adalah Pakansari, Patriot Chandrabhaga, Wibawa Mukti, Mandala Krida, dan Stadion Utama Riau. FIFA, kata PSSI dan Pemerintah, akan melakukan inspeksi langsung ke Indonesia sekaligus menetapkan enam venue pilihannya pada Bulan September mendatang.



Simak Video "PSSI Sebut 6 Stadion Piala Dunia U-20, di Mana Saja?"
[Gambas:Video 20detik]
(aff/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com