sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Rabu, 12 Agu 2020 18:30 WIB

Respons PSSI Setelah AFC Tunda Lagi Kualifikasi Piala Dunia 2022

Muhammad Robbani - detikSport
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, atau biasa disapa Iwan Bule. Respons PSSI Setelah AFC Tunda Lagi Kualifikasi Piala Dunia 2022 (Mercy Raya/detikSport)
Jakarta -

PSSI merespons keputusan AFC yang menunda lagi Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Keputusan itu membuat Timnas Indonesia tak ada agenda hingga akhir tahun.

Keputusan ini diambil AFC bersama FIFA dan menilai bahwa pandemi virus corona masih belum mereda di Asia. Dengan kondisi itu, menggelar pertandingan sisa Kualifikasi Piala Dunia 2022 dianggap terlalu beresiko.

AFC pun memutuskan sisa laga Kualifikasi Piala Dunia dipastikan digeser ke tahun 2021. Namun, AFC belum menentukan jadwal penggantinya.

Rencana semula, sisa laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 digelar pada jeda internasional di Bulan Oktober dan November. Adapun Timnas Indonesia dijadwalkan sebelumnya bakal menghadapi Thailand (8/10/2020), Uni Emirat Arab (13/10), dan Vietnam (12/11).

"PSSI mendukung keputusan FIFA dan AFC terkait penundaan pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2022," kata Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan dalam rilisnya.

Penundaan ini membuat Timnas Indonesia tak punya agenda sampai akhir tahun. Piala AFF 2020 yang semestinya digelar di akhir tahun ini juga sudah lebih dulu digeser ke tahun 2021.

Sementara itu, Timnas Indonesia sebenarnya sudah menggelar persiapan dan memanggil 29 pemain ke Jakarta sejak 23 Juli lalu. Irfan Bachdim cs pun telah menjalani latihan di Stadion Madya, Jakarta, sejak Jumat (7/8).

"Dengan ini, tentunya tim pelatih akan mengubah program latihan, apalagi Piala AFF 2020 juga telah ditunda. Kami berharap pemain tetap semangat dan berlatih terus untuk memberikan yang terbaik untuk timnas Indonesia," ujarnya menambahkan.

Ini adalah penundaan kedua untuk Kualifikasi Piala Dunia zona Asia. Babak fase grup semestinya sudah rampung di akhir tahun karena pandemi virus corona.

Timnas Indonesia terdampar di dasar klasemen Grup G karena kalah lima kali beruntun. Apapun hasil di tiga pertandingan sisa sudah tak berpengaruh terhadap peluang Pasukan Garuda ke Piala Dunia 2022.

Namun PSSI masih ingin meraih hasil maksimal dengan misi memperbaiki peringkat FIFA. Selain itu, sebenarnya sisa pertandingan masih berpengaruh terhadap nasib Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023.

Sebagaimana diketahui, kualifikasi ini juga menjadi bagian rangkaian Kualifikasi Piala Asia 2023. Timnas Indonesia harus menjalani Kualifikasi Piala Asia 2023 dari babak play-off jika pada akhirnya tetap menghuni dasar klasemen.



Simak Video "Liga 1 Lanjut Oktober, Berpusat di Pulau Jawa"
[Gambas:Video 20detik]
(aff/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com