Gelar 15 Laga, Tuan Rumah Fase Grup Liga 2 Disubsidi Rp 200 Juta

ADVERTISEMENT

Gelar 15 Laga, Tuan Rumah Fase Grup Liga 2 Disubsidi Rp 200 Juta

Muhammad Robbani - Sepakbola
Rabu, 19 Agu 2020 20:40 WIB
PT Liga Indonesia Baru
Tuan rumah Liga 2 2020 mendapat subsidi Rp 200 juta. (Foto: detikcom/Muhammad Robbani)
Jakarta -

Klub tuan rumah fase grup Liga 2 2020 disubsidi PT Liga Indonesia Baru (LIB) sebesar Rp 200 juta sebagai biaya keperluan penyelenggaraan pertandingan.

Empat klub sudah terpilih menjadi tuan rumah dalam drawing yang digelar di Kantor PT LIB, Rabu (19/8/2020). Mereka adalah Badak Lampung (Grup A), PSCS Cilacap (Grup B), PSPS Pekanbaru (Grup C), dan PSMS Medan (Grup D).

Setiap grup diisi oleh enam klub sehingga setiap klub akan memainkan lima pertandingan. Totalnya, setiap grup akan memainkan 15 pertandingan.

Nah, segala urusan penyelenggaraan pertandingan Liga 2 2020 akan ditanggung oleh pihak tuan rumah. Misalnya, menyediakan fasilitas transportasi buat klub tamu.

"Salah satu konsekuensi menjadi tuan rumah adalah menanggung biaya untuk semua klub di sana. Tuan rumah juga harus menyediakan berbagai hal," kata Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita.

"Salah satunya menyediakan mobil untuk ofisial tim lawan. Untuk urusan perangkat pertandingan, kami yang menyediakan," ujarnya menambahkan.

"Kami akan memberikan uang tambahan sebesar Rp 200 juta ke setiap tuan rumah. Panitia pertandingan mereka semua yang menanggung. Kami PT LIB hanya memberikan uang subsidi dan perangkat pertandingan," ucap Direktur Operasional PT LIB Sudjarno menimpali.

Liga 2 rencananya akan dimulai dari awal pada 17 Oktober dan berakhir 5 Desember 2020. Juara grup dan runner-up akan melaju ke babak 8 besar yang akan diselenggarakan di Pulau Jawa.

PT LIB juga mengungkapkan besaran nilai subsidi buat para peserta Selain subsidi Rp 200 juta buat tuan rumah. Setiap klub akan mendapat Rp 600 juta selama fase grup dan akan dibayarkan selama empat bulan/termin.

Setelah itu, tim yang akan lanjut ke babak selanjutnya akan mendapatkan tambahan Rp200 juta pada delapan besar. Sedangkan babak semifinal, setiap tim akan mendapatkan tambahan sebesar Rp200 juta dan pada babak final runner-up akan mendapatkan Rp300 juta.

Sementara juara Liga 2 2020 akan mendapatkan Rp 500 juta. Selain itu, tim pun akan mendapatkan tambahan subsidi transportasi dari PT LIB.



Simak Video "Usai Bertemu TGIPF, Dirut PT LIB Siap Tanggung Jawab"
[Gambas:Video 20detik]
(cas/aff)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT