sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Senin, 24 Agu 2020 19:35 WIB

Rembang United Lahir, Isyarat PSIR Menggeliat Lagi?

Arif Syaefudin - detikSport
Rembang United Rembang United akan bikin PSIR menggeliat? (Foto: detikcom/Arif Syaefudin)
Jakarta -

Klub baru, Rembang United, muncul di sepakbola Jawa Tengah. Menjadi isyarat PSIR Rembang akan menggeliat lagi.

PSIR sudah lama vakum. Laskar Dampo Awang terdegradasi pada 2018, setelah itu mereka mati suri.

Di tahun ini, PSIR berencana kembali ke Liga 3. Tapi, kompetisi belum jelas karena pandemi virus Corona.

Di tengah situasi itu, klub sepakbola amatir, Rembang United, secara resmi telah dikukuhkan, Senin (24/8/2020) siang. Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Daerah Rembang berharap kehadiran mereka dapat memicu bangkitnya kembali PSIR.

"Ini akan menjadi pemicu lahirnya kembali PSIR sebagai klub sepakbola profesional yang mati suri karena minimnya prestasi dan kegagalan manajemen dalam memajukan PSIR di masa lalu,"kata Ketua KONI Rembang, Vivit Dinarini, saat peluncuran.

"Ganster sebagai wadah suporter resmi PSIR dapat bangkit membangunkan kembali PSIR. Ganster adalah motor utama hidup kembalinya PSIR, dengan dukungan pihak pihak swasta yang berminat menaungi PSIR di kompetisi mendatang," imbuhnya.

Dia mengatakan bahwa KONI telah berkomitmen untuk menjalin komunikasi lintas sektoral utamanya pihak swasta guna menghidupkan kembali eksistensi PSIR. Sebab menurutnya, klub profesional tidak diperkenankan menggunakan APBD.

"Kami telah berkomitmen untuk menjalin komunikasi dan kerjasama dengan pihak pihak swasta di Kabupaten Rembang untuk menghidupkan tim profesional PSIR. Ada batasan tegas yang menjadi konsekuensi dalam pengembangan klub profesional, yaitu tidak diperbolehkannya menggunakan dana APBD untuk membiayai klub professional," terangnya.

"Sekali lagi, visi kembalinya PSIR berlaga di kancah nasional adalah harapan utama KONI, dengan kerja nyata dan dukungan seluruh pihak yang peduli, kami yakin akan bisa terealisasi," lanjutnya.

Di sisi lain, di tengah kondisi mati suri PSIR, Vivit menyebut kemunculan Rembang United menjadi satu-satunya sarana pengembangan sepakbola amatir di Kabupaten Rembang.

"KONI Rembang mendukung penuh pengembangan sepakbola amatir di Kabupaten Rembang. Konkritnya dalam kompetisi liga 3 amatir. Dan Rembang United menjadi satu-satu nya pilihan terbaik yang ada sekarang, berpartisipasi dalam kompetisi tersebut," kata dia lagi.

(cas/mrp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com