sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Sabtu, 29 Agu 2020 06:01 WIB

Lapangan Sepakbola dan Ukurannya, Sesuai Standar Nasional

Puti Yasmin - detikSport
Wajah Lapangan sepak bola Perkumpulan Olahraga Serdang (Pors) Kemayoran kini berbeda. Lapangan yang dulu gersang itu kini dipercantik dan berstandar FIFA lho. Lapangan Sepakbola dan Ukurannya Sesuai Standar Nasional. (Foto ilustrasi: Rifkianto Nugroho)
Jakarta -

Sepakbola merupakan salah satu olahraga paling populer di berbagai negara di dunia. Untuk memainkan sebuah pertandingan, harus digelar di lapangan sepakbola dengan ukurannya sesuai standar yang telah disepakati dalam aturan.

Sebelum membahas soal ukuran lapangan sepakbola, seperti diketahui permainan ini dimainkan oleh 22 orang. Satu tim terdiri dari 11 orang pemain. Dari angka tersebut, satu orang akan menempati posisi sebagai kiper atau penjaga gawang.

Pertandingan sepakbola berlangsung selama 90 menit yang dibagi dalam dua babak. Pemenang permainan ini ditentukan melalui selisih gol yang masuk ke gawang lawan.

Nah, berapa jumlah ukuran sepakbola nasional?

Dikutip dari buku 'Mengenal Sepak Bola' karya Lutfi Avianto, lapangan sepakbola beserta ukurannya diatur oleh Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA).

Adapun, lapangan harus berbentuk persegi panjang dengan 90-120 meter dan lebar 45-90 meter. Masing-masing sudutnya harus dipasangi tiang bendera setinggi 1,5 meter.

Untuk gawang harus berbentuk persegi dengan lebar 7,32 meter dan tinggi 2,44 meter. Sedangkan, kotak penalti kecil yang berada di dalam kotak penalti besar harus berukuran panjang 18 meter dan lebar 5,5 meter.

Sementara, kotak penalti besar berukuran panjang 40-45 meter dan lebar 16-19 meter. Di bagian tengah lapangan, terdapat garis yang disebut dengan kick off area dengan diameter 9,15 meter untuk memulai pertandingan.

Nah, semoga kita semua bisa paham ukuran lapangan sepakbola nasional ya!

(pay/pal)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com