sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Sabtu, 29 Agu 2020 10:50 WIB

Elkan Baggott Belum Pasti Ikut TC Timnas U-19 di Kroasia

M - detikSport
Elkan Baggott Elkan Baggott belum tentu ikut TC Timnas U-19 di Kroasia (dok. PSSI)
Jakarta -

Elkan Baggott belum bisa dipastikan ikut pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19 di Kroasia. Sebab PSSI belum mendapat izin dari Ipswich Town U-18.

Pemain berdarah Inggris-Indonesia itu turut disertakan Pelatih Timnas U-19 Shin Tae-yong ke dalam 30 nama pemain untuk pemusatan latihan di Kroasia. Sang pelatih memang masih ingin melihat kemampuan Elkan.

Pelaksana Tugas (Plt) Sekjen PSSI Yunus Nusi pernah mengungkapkan bahwa Elkan kemungkinan tak bisa ikut pemusatan latihan Timnas U-19 di luar negeri. Pada akhirnya, Shin Tae-yong tetap memanggil Elkan.

"Soal Elkan Baggott, belum ada balasan dari klub mereka (Ipswich Town U-18)," kata Shin kepada wartawan, Jumat (28/8/2020).

Shin Tae-yong dibuat penasaran dengan kemampuan Elkan Baggot dan sudah mengindikasikan akan memanggilnya lagi jauh sebelum menentukan 30 nama pemain Timnas U-19. Apalagi Elkan baru sebentar ikut pemusatan latihan Timnas U-19 di Jakarta karena molor.

Pemain bertinggi 1,94 meter itu sempat dipanggil PSSI untuk ikut latihan dari 23 Juli-8 Agustus. Kenyataanya, latihan Timnas U-19 molor dan baru bisa digelar pada 7 Agustus. Dugaannya, ada beberapa pemain Timnas Indonesia yang positif COVID-19 sehingga latihan ditunda sampai dua kali.

"Memang untuk Elkan, saya mencari-cari referensi dan videonya saat dia bermain. Postur tubuhnya sangat baik sekali," kata Shin mengomentari Elkan pada pertengahan Agustus.

"Jika Elkan Baggott meningkatkan sedikit saja kemampuannya, itu akan menjadi bantuan besar buat sepakbola Indonesia," ujarnya menambahkan.

Sementara itu, Timnas U-19 bakal terbang ke Kroasia pada, Sabtu (29/8), malam. Timnas U-19 akan tetap melanjutkan latihan di Eropa jika pada akhirnya Piala Asia U-19 2020 di Uzbekistan ditunda.

Turki, Spanyol, dan Portugal tengah dibidik PSSI sebagai opsi destinasi latihan alternatif andai AFC menunda Piala Asia U-19. Sejauh ini baru Federasi Sepakbola Turki (TFF) yang memberikan respons terhadap keinginan PSSI.

"Harusnya dari Kroasia langsung ke Uzbekistan, tapi kami siapkan rencana lain untuk memindahkan latihan dari Kroasia (andai Piala Asia U-19 batal). Pilihannya, kami akan ke Turki, Spanyol, atau Portugal," ujar Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan.

"Keinginan Shin Tae-yong ke Portugal, tetapi saat ini baru Turki yang baru merespons. Sekarang tinggal menunggu jawaban dari Spanyol dan Portugal," ucapnya.



Simak Video "Shin Tae-yong Masih Ingin Utak-atik Taktik Timnas U-19"
[Gambas:Video 20detik]
(mrp/adp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com