Timnas Indonesia U-19 Bertolak ke Kroasia

Muhammad Robbani - Sepakbola
Sabtu, 29 Agu 2020 22:22 WIB
Ketua Umum PSS, Mochamad Iriawan, memberangkatkan Timnas U-19 ke Kroasia
PSSI resmi memberangkatkan timnas Indonesia U-19 pemusatan latihan di Kroasia (Foto: dok PSSI)
Jakarta -

Timnas Indonesia U-19 dilepas PSSI untuk pemusatan latihan ke Kroasia, Sabtu (29/8/2020), malam. Totalnya, sebanyak 27 pemain berangkat dari Jakarta.

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan menyempatkan diri memberikan kata-kata motivasi sebelum melepas keberangkatan Timnas U-19. Ia meminta para pemain untuk bersungguh-sungguh berlatih di Kroasia.

"Sesuai janji saya, federasi mengirim kalian berlatih ke luar negeri. Kroasia ini bukan negara sembarangan," kata Mochamad Iriawan dalam rilis di laman resmi PSSI.

"Kalian ada di sini sebagai kebanggaan bangsa. Jangan sia-siakan kepercayaan Presiden Jokowi (Joko Widodo) dan Menpora Zainudin Amali yang telah memberikan langkah konkret mendukung kita, memberikan bantuan biaya pelatnas di luar negeri. Manfaatkan itu, ambil banyak ilmu dari sana," ujarnya berpesan.

Agenda pemusatan latihan Timnas U-19 di Kroasia akan sangat bergantung kepastian Piala Asia U-19 2020. Jika ajang tersebut ditunda, PSSI akan memindahkan lokasi latihan ke negara Eropa lainnya.

Turki, Spanyol, dan Portugal sudah dijajaki PSSI untuk meminta izin menggelar latihan di sana. Sejauh ini baru Federasi Sepakbola Turki (TFF) yang merespons keinginan PSSI. Sementara Pelatih Timnas U-19 Shin Tae-yong menginginkan membawa anak-anak asuhnya ke Portugal.

"Yang pasti, federasi tetap memberangkatkan kalian ke Kroasia untuk TC sebulan di sana. Nanti kita lihat perkembangan Piala Asia U-19," tutur Iwan Bule, sapaan Mochamad Iriawan.

"Apakah tim ini lanjut ke Uzbekistan atau menuju tempat lain untuk berlatih tanding di negara negara lain? Kita lihat apakah akan ke Turki, Portugal, atau negara lain," ucapnya.

Shin Tae-yong sebenarnya memanggil 30 pemain untuk ikut pemusatan latihan di Kroasia. Namun, ia mencoret Serdy Ephy Fano Boky dan Ahmad Afhridzal karena masalah indisipliner kedua pemain itu.

Serdy dan Ahmad terlambat datang ke latihan terakhir Timnas U-19 di Stadion Madya, tadi pagi. Kedua pemain pun gagal berangkat ke Kroasia karena pencoretan itu.

Sementara itu, Elkan Baggott, yang juga ikut dipanggil, saat ini tengah berada di Inggris. Pemain Ipswich Town U-18 itu belum bisa dipastikan bakal menyusul ke Kroasia karena masalah izin dari klubnya.



Simak Video "Target PSSI di Piala Dunia U-20: Syukur-syukur 8 Besar"
[Gambas:Video 20detik]
(pur/ran)