sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Selasa, 08 Sep 2020 20:50 WIB

Kenangan Wolfgang Pikal: Alfred Riedl Teman dan Mentor Saya

Muhammad Robbani - detikSport
Pelatih timnas Indonesia, Alfred Riedl, bersama asistennya, Wolfgang Pikal, dalam konferensi pers setelah laga melawan Vietnam di Stadion Maguwoharjo, Sleman. Wolfgang Pikal saat bertugas mendampingi Alfred Riedl di Timnas Indonesia. (Foto: detikcom/Rifqi Ardita)
Jakarta -

Wolfgang Pikal sangat berduka dengan meninggalnya eks pelatih Timnas Indonesia Alfred Riedl. Baginya, Riedl merupakan seorang rekan sekaligus mentornya.

Pikal dan Riedl memang sosok yang tak terpisahkan. Mereka berdua sering berpasangan menjadi Pelatih-asisten dimanapun Riedl melatih suatu negara atau klub.

Dimana ada Riedl, hampir sudah pasti ada Pikal juga di sana. Maklum, keduanya sama-sama berasal dari Austria sehingga bisa dipahami terjadinya kecocokan di antara mereka.

"Alfred Riedl tutup usia di umurnya yang ke-70 kemarin malam (Senin, 7 September 2020). RIP Coach Alfred teman and mentor saya," kata Wolfgang Pikal kepada wartawan

"Terima kasih atas pertemanan, segala ilmu, dan pengalaman yang anda bagikan ke saya. Tuhan memberkati anda. Salam Wolfgang Pikal," ujarnya menambahkan.

Perkenalan Pikal dengan Riedl terjadi pada tahun 2008. Dimulai dari surat elektronik, Pikal mengirim beberapa DVD latihan sepakbola kepada Riedl melalui adik ipar Riedl di Austria. Saat Riedl mengasuh klub Vietnam, Haiphong, Pikal menemui Riedl di sana.

"Saya tinggal dua pekan di sana melihat apa yang ia lakukan dan kami jadi teman akrab. Saat saya pulang, dia bilang akan menghubungi saya bila dia bekerja di Indonesia," kenang Pikal pada 2010 lalu.

Pikal kemudian menjadi asisten pelatih Timnas Indonesia di Piala AFF 2010. Saat itu Timnas Indonesia ditangani oleh Alfred Riedl yang berhasil dibawanya sampai ke babak final.

Sejak saat itu, Riedl dan Pikal terus bersama. Termasuk saat keduanya kembali ke Tanah Air pada 2016 dan kembali mengantarkan Timnas Indonesia ke final Piala AFF 2016 dan akhirnya menjadi runner-up lagi.



Simak Video "Eks Pelatih Timnas Indonesia Alfred Riedl Meninggal Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(cas/aff)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com