sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Selasa, 08 Sep 2020 21:50 WIB

Alfred Riedl Meninggal, Duka Mendalam Abduh Lestaluhu

Muhammad Robbani - detikSport
Indonesias Muhammad Abduh Lestaluhu (C) kicks the ball during the AFF Suzuki Cup final football match between Indonesia and Thailand at Pakansari Stadium in Cibinong, West Java, on December 14, 2016. / AFP PHOTO / BAY ISMOYO Abduh Lestaluhu berduka atas meninggalnya Alfred Reidl. (Foto: AFP PHOTO / Bay Ismoyo)
Jakarta -

Alfred Riedl adalah sosok penting dalam karier Abduh Lestaluhu di level Timnas Indonesia. Abduh diberikan kesempatan debut oleh pria Austria pada 2016.

Debut Abduh bersama Timnas Indonesia dimulai pada 6 September 2016. Saat itu Timnas Indonesia sedang menggelar laga uji coba melawan Malaysia di Stadion Manahan, Solo.

Hari itu jadi momen tak terlupakan oleh Abduh yang masih berusia 21 tahun. Ia tampil pada babak kedua untuk menggantikan Abdul Rahman dan Timnas Indonesia mengalahkan Malaysia 3-0.

Kabar meninggalnya Riedl pun menjadi berita duka mendalam buat Abduh. Maklum, tak ada Riedl mungkin Abduh tak bisa mendapat pengalaman memperkuat Timnas Indonesia.

"Saya turut berduka cita atas kepergian Coach Alfred Riedl, saya sangat-sangat merasa kehilangan, karena beliau pelatih yang sangat-sangat berjasa dalam puncak karier saya," kata Abduh kepada detikSport.

"Di tangan beliau saya dapat merasakan debut manis bersama Timnas Indonesia senior melawan Malaysia pada 2016 silam. Beliau pelatih yang baik, disiplin, dan pekerja keras. Saya berdoa semoga coach alfred mendapatkan tempat yang baik," ujarnya menambahkan.

Kepercayaan Riedl kepada Abduh tak berhenti setelah kemenangan Timnas Indonesia atas Malaysia. Ia terus tampil pada laga uji coba Timnas Indonesia lainnya pada tahun itu.

Posisi bek kiri pun menjadi milik Abduh di Piala AFF 2016. Pemain Tira Persikabo terus tampil menjadi starter sepanjang turnamen itu. Sayang hal itu dinodai aksi emosional Abduh pada final leg kedua di kandang Timnas Thailand.

Sejak saat itu, Abduh diabaikan oleh pelatih-pelatih Timnas Indonesia pengganti Riedl. Mulai dari Luis Milla, Simon McMenemy, hingga yang teranyar Shin Tae-yong.

Meski begitu, ia sempat beberapa kali dipanggil oleh Simon McMenemy. Namun kesempatan bermainnya terbilang minim di era Simon McMenemy.

Bagaimanapun, Abduh pernah merasakan menjadi pemain penting buat Timnas Indonesia. Dan Alfred Riedl adalah sosok yang memberikan kesempatan itu kepada pemain kelahiran Tulehu itu.



Simak Video "Eks Pelatih Timnas Indonesia Alfred Riedl Meninggal Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(cas/bay)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com