sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Jumat, 18 Sep 2020 20:50 WIB

Donny van de Beek: Ezra Walian Striker yang Jago Cetak Gol

Muhammad Robbani - detikSport
Pesepakbola PSM Makassar Ezra Walian (kedua kiri) berebut bola dengan Pesepakbola Persipura Jayapura Ricardo Salampessy (kanan) dalam lanjutan Liga 1 2019 di Stadion Andi Mattalatta, Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (18/11/2019) malam. Tuan rumah PSM Makassar kalahkan Persipura Jayapura dengan skor 4-0 (3-0). ANTARA FOTO/Abriawan Abhe/ama. Ezra Walian dipuji pemain Manchester United, Donny van de Beek. (Foto: Antara FotoAbriawan Abhe/ama)
Jakarta -

Mantan pemain Ajax yang baru gabung Manchester United, Donny van de Beek, memuji Ezra Walian. Keduanya memang teman dekat dan sempat satu tim di Ajax U-16.

Van de Beek dan Ezra pernah membawa Ajax U-16 menjuarai Lion City Cup 2012 yang digelar di Singapura. Klub-klub top Eropa lainnya seperti Porto dan Manchester City turut ambil bagian dalam ajang itu.

Keberhasilan Ajax menjuarai Lion City Cup 2012 tak lepas dari kontribusi besar Ezra Walian. Dua gol Ezra pula yang membawa Ajax menang 4-1 atas Singapura pada partai final.

Totalnya, sembilan gol berhasil dicetak pemain yang kini memperkuat PSM Makassar itu. Ezra pun menjadi top scorer ajang ini, sementara rekannya yang kini terbaring lemah, Abdelhak Nouri, terpilih menjadi MVP turnamen ini.

[Gambas:Instagram]

"Saya bermain dengan dia (Ezra) waktu itu di Ajax. Dia mencetak banyak gol dan dia orang yang baik juga. Sekarang dia main di sana (Asia Tenggara) lagi," kata Van de Beek dalam perbincangan dengan Stadium Astro di Youtube.

"Saya kadang masih mengontak dia. Dia selalu fokus mencetak gol, dia benar-benar seorang striker dan itu adalah kekuatan utamanya," ujarnya menambahkan.

Van de Beek masih ingat betul kebersamaan dan kiprahnya bersama Ezra dalam ajang tersebut. Baginya itu adalah kenangan indah kala masih bermimpi menjadi pemain sukses di usia muda. Ia cuma tak suka dengan cuaca panas di Singapura yang memang sudah lumrah di kawasan Asia Tenggara.

Sejak saat itu, karier Van de Beek terus menanjak sampai sekarang. Sampai-sampai ia dibeli Manchester United dengan nilai transfer sebesar 35 juta pounds belum lama ini.

"Ya kami main di Singapura dan meraih juara di turnamen itu. Mungkin sekitar tiga pekan kami di sana. Saya mencetak gol melawan Porto kalau tak salah. Pengalaman bagus tapi cuacanya sedikit panas," ucap pemain yang kini berusia 23 tahun.

Jalan hidup memang tak bisa ditebak, Ezra yang bersinar di usia muda kini nasibnya bagai langit dan bumi jika dibandingkan dengan Van de Beek. Eks rekannya itu kini diharapkan menjadi pemain penting bagi Manchester United, sementara Ezra terkatung-katung nasibnya bersama Timnas Indonesia dan PSM Makassar.

Ezra hingga saat ini tak diizinkan oleh FIFA dan AFC untuk tampil bersama Timnas Indonesia karena pernah memperkuat Timnas Belanda usia muda. Sementara klubnya, PSM, menjadi satu-satunya tim yang belum menggelar persiapan meski Shopee Liga 1 2020 akan digelar dua pekan lagi.

(cas/yna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com