sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Minggu, 20 Sep 2020 09:30 WIB

Piala Dunia U-20: Merespons Keppres, INAFOC Tuntaskan Kunjungan di Jatim

Muhammad Robbani - detikSport
kunjungan Inafoc ke Jawa Timur Panitia Piala Dunia U-20 2021 menuntaskan kunjungan di Jawa Timur. Foto: ist.
Jakarta -

Panitia Piala Dunia U-20 2021 (INAFOC) telah merampungkan inspeksi venue di Jawa Timur. Kegiatan ini adalah respons dari terbitnya Keputusan Presiden (Keppres).

Keppres Nomor 19 Tahun 2020 terbit pada, Selasa (15/9/2020), telah menetapkan susunan Kepanitian Piala Dunia, mulai dari Panitia Pengarah dan Panitia Pelaksana. Tiga hari setelah terbitnya Keppres, INAFOC pun langsung bekerja dengan melihat persiapan beberapa venue di Jawa Timur. Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) di Surabaya yang terpilih menjadi salah satu dari enam venue, menjadi lokasi pertama yang dikunjungi INAFOC.

Selain itu rombongan INAFOC juga menyempatkan datang ke lapangan-lapangan penunjang GBT yang akan menjadi lokasi latihan. Pertama adalah GOR Pancasila serta Stadion Gelora 10 November (Tambaksari) di Surabaya, dan terakhir Stadion Gelora Bangkalan di Madura.

"Saya dan Waketum PSSI (Iwan Budianto), Exco (PSSI), Asprov PSSI (Jawa Timur) datang ke Bangkalan dalam rangka persiapan Piala Dunia U-20 2021," kata Ketua INAFOC Zainudin Amali di sela-sela kunjungannya di Stadion Gelora Bangkalan, dalam rilis Kemenpora.

"Keppres sudah keluar, Inpres juga sudah keluar, dan kami langsung meninjau semua tempat dimulai dari Jawa Timur. Pertama ke Surabaya (GBT) dan lapangan pendukung lainnya. Dan terakhir ke Bangkalan ini," ujarnya menambahkan

"Kami usulkan Bangkalan menjadi tempat latihan, karena kan cuma ada satu venue utama (dalam satu lokasi), di Surabaya (GBT). Saya harap bisa segera selesai, dan stadion kebanggaan kita ini juga bisa digunakan kegiatan sepakbola lagi setelahnya," katanya lagi.

Secara keseluruhan, INAFOC cukup puas dengan perkembangan pembangunan venue dan lapangan-lapangan penunjang di Jawa Timur. Jawa Timur beserta Sumatera Selatan (Palembang) memang menjadi yang terdepan dalam memulai pembangunan venue dan lapangan latihan untuk Piala Dunia U-20 2021.

Sementara empat venue lainnya terhambat pekerjaannya karena sempat menunggu Instruksi Presiden (Inpres). Inpres Nomor 8 Tahun 2020 yang menjadi petunjuk persiapan Piala Dunia U-20 juga kini juga sudah diterbitkan berbarengan dengan Keppres Nomor 19 Tahun 2020.

Setelah menuntaskan kunjungan ke Jawa Timur, INAFOC akan kembali melanjutkan kegiatan kunjungannya ke daerah lainnya selain Jawa Timur. Yakni Sumatra Selatan, DKI Jakarta, Kabupaten Bandung, Solo, dan Bali.

"Kami sudah meninjau stadion utama GBT hingga lapangan pendukung untuk latihan peserta Piala Dunia U-20 tahun depan, seperti Lapangan THOR, Gelora 10 November, dan Stadion Bangkalan, Madura," tutur Menpora Zainudin Amali.



Simak Video "Menpora Dorong Piala Dunia U-20 Jadi Ajang Sport Tourism di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(rin/mrp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com