sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Selasa, 06 Okt 2020 20:15 WIB

Selain Shopee Liga 1, Manalagi Kompetisi di ASEAN yang Belum Lanjut?

Muhammad Robbani - detikSport
Logo Shopee Liga 1 Shopee Liga 1 2020 batal lanjut, bagaimana nasib kompetisi negara ASEAN lainnya? (Foto: detikcom/Rifkianto Nugroho)
Jakarta -

Indonesia adalah salah satu dari sedikit negara di kawasan ASEAN yang belum menggelar lagi kompetisi domestiknya. Nasib Shopee Liga 1 2020 masih menggantung.

Ada juga Singapura, Filipina, dan Timor Leste yang belum memulai kompetisinya lagi seperti Indonesia. Khusus Filipina dan Timor Leste, kompetisi di sana memang belum sempat digulirkan tahun ini karena terhalang pandemi COVID-19.

Kompetisi di Indonesia (Shopee Liga 1) baru berjalan tiga pekan, sedangkan Singapura beberapa tim sudah memainkan empat laga. Lain lagi dengan Liga Filipina yang sebenarnya direncanakan bergulir mulai 21 Maret, lalu ditunda ke 18 April.

Pada akhirnya, hingga kini kompetisi di Filipina belum bisa digelar. Hal serupa juga terjadi di Timor Leste, tak diketahui kapan mereka berencana menggulirkan kompetisi domestik musim 2020. Yang jelas, hingga kini Liga Futebol Amadora (kompetisi kasta tertinggi sepakbola Timor Leste) belum bergulir.

Sementara Brunei punya cerita berbeda. Brunei Super League 2020 diputuskan tak dilanjut alias dihapus meski sudah sempat berjalan selama dua pekan sejak dimulai pada 28 Januari lalu.

Sisanya yakni Kamboja, Myanmar, Laos, Malaysia, Thailand, dan Vietnam sudah menggulirkan lagi kompetisinya dengan berbagai cara. Ada yang menggunakan format sentralisasi sebagaimana dilakukan Myanmar, memilih satu putaran (setengah kompetisi) saja seperti di Malaysia.

Format setengah kompetisi juga dipilih Kamboja, namun akan dilanjutkan ke babak Championship (penentuan juara) dan Playoff Relegation (penentuan degradasi). Vietnam sempat menggelar pertandingan dengan penonton, namun akhirnya melarangnya karena gelombang kedua virus corona.

Sedangkan Thailand tak mengalami banyak perubahan format, kecuali larangan kehadiran penonton dan perubahan jatah tiket ke kompetisi Asia. Cuma Laos yang kompetisinya terbilang relatif aman dan tetap menggunakan format lama karena minimnya kasus COVID-19 di sana.

Beberapa kompetisi yang lanjut bahkan sudah mendapat juara. Johor Darul Takzim di Malaysia, Shan United di Myanmar, hingga Lao Toyota di Laos.

Anggota AFF yang belum melanjutkan kompetisi domestik 2020:

1. Indonesia - Shopee Liga 1 (Tunda)
2. Singapura - Singapore Premier League (Tunda)

Anggota AFF yang belum memutuskan dan menghapus kompetisi domestik 2020:

1. Filipina - Philippines Football League (Belum bergulir dan belum ada keputusan)
2. Timor Leste - Liga Futebol Amadora (Belum bergulir dan belum ada keputusan)
3. Brunei - Brunei Super League (Dihapus)

Anggota AFF yang sudah melanjutkan kompetisi:

1. Kamboja
2. Myanmar
3. Laos
4. Malaysia
5. Thailand
6. Vietnam



Simak Video "Persipura Bubar Gegara Masalah Finansial"
[Gambas:Video 20detik]
(cas/yna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com