Timnas U-19 Vs Makedonia Utara: Menanti Kemenangan atas Negara Balkan

Muhammad Robbani - Sepakbola
Sabtu, 10 Okt 2020 18:05 WIB
Timnas U-19, Timnas Indonesia U-19, dalam laga uji coba di Kroasia.
Timnas U-19 akan menghadapi Makedonia Utara di laga berikutnya. (Foto: Dok. PSSI)
Jakarta -

Makedonia Utara akan menjadi lawan uji coba kesembilan Timnas Indonesia U-19 selama di Kroasia. Sejauh ini Garuda Muda belum pernah mengalahkan negara Balkan.

Dalam rangkaian laga uji coba dalam pemusatan latihan (TC), Timnas U-19 kalah dalam tiga kali kesempatan melawan negara Balkan sebelumnya. Garuda Muda takluk 0-3 dari Bulgaria, 1-7 dari Kroasia, dan 0-1 dari Bosnia-Herzegovina.

Kekalahan Timnas U-19 dari Bulgaria dan Kroasia terjadi dalam dua laga pertama Timnas U-19. Bisa dimaklumi, itu adalah uji coba internasional pertama dan kedua Timnas U-19 di bawah asuhan Shin tae-yong.

Pertandingannya digelar di luar negeri pula. Persoalan adaptasi pemain dan pemilihan taktik saat itu masih menjadi hambatan besar dalam dua laga tersebut.

Sementara kekalahan ketiga dari negara Balkan lainnya, yakni Bosnia, terjadi saat skuad Timnas Indonesia U-19 dirotasi. Pada laga itu Shin Tae-yong banyak menurunkan pemain yang jarang dapat kesempatan.

Sebenarnya Pasukan Shin Tae-yong sempat mengalahkan tim dari Balkan yakni Dinamo Zagreb dan NK Dugopolje, masing-masing dengan skor 1-0 dan 3-0. Namun keduanya merupakan sebuah tim dari klub, bukan negara alias timnas.

Saat ini bisa dibilang persiapan dan pengalaman Timnas U-19 untuk menghadapi Makedonia Utara sudah lebih baik saat ini. Apalagi mereka juga baru saja menang telak 3-0 atas NK Dugopolje.

"Persiapan untuk laga selanjutnya melawan Makedonia harus lebih baik lagi. Kami juga sudah mengecek perkembangan pemain dan menganalisis video pertandingan," kata Shin Tae-yong di Youtube PSSI.

"Saya mencari pemain dengan postur tinggi dan bisa unggul dalam penguasaan bola. Postur tubuh mungkin tak bisa diubah, tapi anak-anak sekarang sudah semakin cepat dalam bermain. Kami sekarang dalam proses membentuk permainan yang cepat," ujarnya lagi menjelaskan target selanjutnya bersama Timnas U-19.

Bagi Makedonia Utara, pertandingan melawan Indonesia juga bisa bermanfaat. Mereka kini tengah bersiap menyambut lanjutan Kualifikasi Piala Eropa U-19 2020. The Red Lions tergabung di Grup 2 babak Elite round bersama Spanyol, Belgia, dan Bulgaria.

Cuma pemuncak grup babak Elite round yang akan lolos ke Piala Eropa U-19 2020. Untuk itu, pertandingan melawan Timnas U-19 pun bisa bermanfaat buat Makedonia Utara.

Besar kemungkinan timnas u-19 negerinya Goran Pandev itu akan tampil serius menghadapi Timnas Indonesia U-19. Pasukan Shin Tae-yong pun juga akan mendapat keuntungan dari situasi itu.

(krs/pur)