sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Rabu, 14 Okt 2020 15:36 WIB

Polri Tak Keluarkan Izin Liga 1, Pemda DIY: Kita Ikuti Saja

Pradito Rida Pertana - detikSport
Sekretaris Daerah Istimewa Yogyakarta (Sekda DIY), Kadarmanta Baskara Aji Sekretaris Daerah Istimewa Yogyakarta (Sekda DIY), Kadarmanta Baskara Aji (Pradito Rida Pertana/detikcom)
Yogyakarta -

Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (Pemda DIY) menanggapi tidak keluarnya izin dari Polri soal penyelenggaraan Shopee Liga 1 2020 bulan November. Pemda DIY memilih mendukung keputusan Polri tersebut.

"Ini kan sebetulnya dari Pemda (DIY) pada prinsipnya mengikuti ketentuan saja," kata Sekretaris Daerah Istimewa Yogyakarta (Sekda DIY), Kadarmanta Baskara Aji, Rabu (14/10/2020).

Pasalnya, izin untuk melaksanakan kegiatan khususnya Liga 1 dikeluarkan oleh Polri, bukan dari Pemda DIY. Oleh karena itu Pemda DIY mengikuti keputusan Polri.

"Pemerintah daerah kan tidak mengeluarkan (izin). Izin keramaian itu ada di masing-masing Polres, tapi ini kan izin penyelenggaraan Liga 1 kan tidak diberikan Kapolri," ujar Aji.

Terlebih hingga saat ini Pemda DIY belum dimintai rekomendasi terkait penyelenggaraan Liga 1. Mengingat ada 7 tim Liga 1 yang berkandang di Kota Gudeg.

"Nah, biasanya Polri kalau memberikan izin juga minta semacam rekomendasi dari kita, tapi karena itu tidak diizinkan, ya tentu kita tidak ada rekomendasi untuk itu," ucapnya.

Diberitakan sebelumnya, keinginan PSSI untuk menggelar lagi Shopee Liga 1 2020 bertepuk sebelah tangan. Sebab Polri menegaskan lagi bahwa izin takkan diberikan.

Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) masih berpegangan teguh dengan sikap mereka sebelumnya. Bahwa pandemi COVID-19 di Indonesia masih tinggi sehingga kegiatan yang mengundang keramaian tak akan diizinkan.

Selain itu, Polri juga masih mengutamakan pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada akhir tahun. Terlebih, pemerintah sudah menyatakan bahwa Pilkada akan tetap dilakukan di tengah pandemi virus corona, sehingga hal itu menjadi prioritas Polri.

"Polri kan sudah jelas menyampaikan kalau selama Pilkada-Pandemi tidak akan mengeluarkan izin keramaian," kata Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Argo Yuwono kepada detikcom.

Sikap Polri ini sudah dinyatakan Argo sebelumnya saat mengumumkan tak memberi rekomendasi Shopee Liga 1 yang seharusnya sudah lanjut mulai 1 Oktober lalu. Namun PSSI bersikeras bahwa kompetisi tetap harus dilanjutkan.



Simak Video "Intip Latihan Perdana PSM Jelang Shopee Liga 1 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(aff/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com