sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Selasa, 20 Okt 2020 14:07 WIB

Timnas U-19 Dapat Istirahat Dulu Sepulangnya dari TC di Kroasia

Muhammad Robbani - detikSport
Timnas U-19, Timnas Indonesia U-19, dalam laga uji coba di Kroasia. Timnas U-19 dalam sebuah laga uji coba di Kroasia. (Foto: Dok. PSSI)
FOKUS BERITA Garuda Muda di Eropa
Jakarta -

Timnas Indonesia U-19 segera mengakhiri kegiatan Pemusatan Latihannya di Kroasia. PSSI kemudian akan memberikan waktu istirahat buat semua anggota tim.

Saat ini Timnas U-19 masih berada di Kroasia sejak akhir tiba di sana akhir Agustus lalu. Rencananya masih akan ada dua pertandingan uji coba yang segera dimainkan Timnas U-19.

Hajduk Split, pemuncak klasemen sementara Liga Kroasia U-19, akan dua kali menghadapi Timnas U-19 pada 20 dan 26 Oktober. Hajduk Split menjadi pengganti Bosnia-Herzegovina yang seharusnya menghadapi Garuda Muda dua kali pada 20 dan 23 Oktober.

Timnas U-19 tak akan langsung pulang setelah pertandingan terakhir melawan Hajduk Split pada 26 Oktober. Tim asuhan Shin Tae-yong baru pulang ke Tanah Air pada 28 Oktober.

"Setelah TC, pemain dikembalikan ke klub-klub setelah 28 Oktober. Shin Tae-yong akan siapkan road map berikutnya. STY perlu istirahat juga, perlu refreshing juga," kata Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan setelah menggelar Rapat Terbatas dengan Presiden RI Joko Widodo dan Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali, Selasa (20/10/2020).

Mochamad Iriawan berharap kompetisi Shopee Liga 1 dan Liga 2 2020 bisa bergulir lagi. Para pemain Timnas Indonesia U-19 bisa melanjutkan kegiatan sepak bola bersama klubnya masing-masing.

Namun ia belum bisa memastikan apakah kompetisi musim 2020 bisa berlangsung. Izin dari Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) belum juga turun untuk penyelenggaraan kompetisi.

"Mudah-mudahan ini menjadi perhatian agar kompetisi nanti bisa bergulir. Kompetisi sangat penting bagi pemain kita. Kalau tidak ada, maka hilang satu bagian dari program Shin Tae-yong (pemain melanjutkan kegiatan di klub). Itu program dari STY," ujar Iriawan.

Meski kompetisi menggantung, PSSI sudah menyiapkan rencana lain buat Timnas Indonesia U-19. Garuda Muda akan dikirim ke Prancis untuk tampil di Toulon Tournament yang akan digelar pada 23 Desember 2020 hingga 7 Januari 2021.

"Timnas U-19 akan kembali TC, ke Prancis pada 21 Desember-Januari 2021. Dan akan mengikuti Turnamen Toulon. Kami ingin mereka di Prancis untuk latihan dan beruji coba di sana," ucap Iriawan.

(krs/ran)
FOKUS BERITA Garuda Muda di Eropa
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com