sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Rabu, 28 Okt 2020 14:00 WIB

Timnas U-19 Mungkin ke Belanda, Siapa Tahu Ada Pemain Keturunan di Sana

Muhammad Robbani - detikSport
Ketum PSSI, Mochamad Iriawan, memberi keterangan pers setelah Timnas Indonesia U-19 kembali dari Kroasia. Ketum PSSI, Mochamad Iriawan, mengungkap Belanda menjadi alternatif TC agar lebih dekat dengan pemain keturunan. (Foto: dok.PSSI)
Jakarta -

Timnas Indonesia U-19 mungkin akan ke Belanda pada pemusatan latihan selanjutnya. Mendekatkan diri dengan pemain keturunan menjadi salah satu alasan.

Sebenarnya Belanda bukan satu-satunya lokasi yang dibidik PSSI. Mereka juga berencana mengirim Timnas U-19 ke Jepang, Australia, hingga Korea Selatan.

Namun, Belanda menjadi tempat yang dirasa paling realistis. Selain kualitas tim buat menjadi lawan Timnas U-19 di sana cukup kuat, PSSI juga bisa mencari pemain keturunan.

Sebagaimana diketahui, ada banyak pemain keturunan Indonesia di Belanda. Bukan tidak mungkin akan ada pemain keturunan yang akan disertakan jika Timnas U-19 berlatih di Belanda.

"Shin Tae Yong (Pelatih Timnas U-19) menyampaikan bahwa di sana (Belanda) banyak pemain keturunan Indonesia, jadi bisa sekalian siapa tahu ada yang bisa diajak latihan," kata Mochamad Iriawan dalam jumpa pers di Jakarta, Selasa (27/10/2020).

"Tapi soal itu saya tidak mau ikut campur, urusan pemain kami serahkan ke pelatih dan Direktur Teknik (Indra Sjafri)," ujarnya menambahkan.

Rencana ke Belanda bukan sekadar angan-angan. PSSI mengaku sudah mulai mengurus visa buat rombongan Timnas U-19 untuk bisa ke sana.

Belanda dipilih sebagai lokasi alternatif pemusatan Timnas U-19 setelah batalnya Turnamen Toulon di Prancis. Turnamen tahunan itu seharusnya digelar pada Desember hingga Januari 2021, namun dibatalkan karena situasi COVID-19.

"Awalnya kami cukup senang ada turnamen Toulon, tapi kemudian tiba-tiba dibatalkan. Jadi target pertama kami ke Eropa lagi, kalau bisa Belanda," tutur Iriawan.

(cas/rin)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com