sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Jumat, 06 Nov 2020 17:20 WIB

Pelatih Persib Tak Mudik, Bandung Sudah Serasa Rumah

Yudha Maulana - detikSport
Robert Rene Alberts Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, sudah merasa Bandung seperti rumahnya sendiri. (Foto: detikcom/Yudha Maulana)
Jakarta -

Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, tak mudik kendati Shopee Liga 1 belum start lagi. Dia merasa Kota Kembang seperti rumahnya.

Sejumlah pemain Persib memutuskan untuk pulang ke kampung halamannya masing-masing, menyusul diliburkannya tim selama dua bulan. Namun lain halnya dengan sang pelatih, Robert Alberts. Juru taktik asal Belanda itu memutuskan akan tetap tinggal di Bandung.

"Saya tinggal di Indonesia. Bandung adalah rumah saya," ujar Robert, Jumat (6/11/2020)

Menurutnya, absennya kompetisi tak lekas membuat tanggung jawabnya sebagai arsitek tim berkurang. Ia harus menyusun ulang, mematangkan rencana dan memastikan itu semua berjalan dengan lancar.

"Saya tetap di sini, meski pun tidak ada kompetisi sepak bola di lapangan setiap harinya, tapi saya harus bekerja. Membuat rencana dan memastikan semuanya tetap berjalan dengan lancar," kata Robert.

Robert mengharapkan, andai liga kembali digelar, Persib bisa menjadi tim yang lebih tangguh. "Itu artunya, harus ada komunikasi dengan pesepakbola di seluruh dunia, dan tetap bekerja dari rumah," ucapnya.

Sejauh ini, beberapa pemain asing yang memutuskan untuk kembali pulang ke negaranya adalah Nick Kuiper dan Geoffrey Castillion.

"Iya saya berencana untuk pulang ke Belanda akhirnya karena saya sudah tinggal di sini, di Bandung sepanjang tahun. Jadi akhirnya saya akan pulang dulu ke Belanda. Saya tidak tahu untuk berapa lama, tapi saya akan kembali," ujar Nick.

Sementara itu, Geoffrey pun menyampaikan salamnya kepada para pendukung Persib sebelum pulang ke Negeri Kincir Angin. Berbeda dengan Nick, ini adalah kali keduanya bolak-balik dari Indonesia ke Belanda.

"Ya sampai bertemu tahun depan, kami masih harus menunggu lebih lama, tapi kami pasti akan kembali," kata Geoffrey.

(yum/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com