sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Selasa, 15 Des 2020 19:43 WIB

Persiapan Piala Dunia U-20, PSSI-Kemenpora Masih Tunggu Arahan FIFA

Muhammad Robbani - detikSport
Menpora Zainudin Amali bersama Wakil Ketua PSSI Iwan Budianto didampingi Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengecek renovasi Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Jumat (18/9/2020). Stadion kebanggaan Kota Pahlawan itu merupakan salah satu venue Piala Dunia U-20 pada 2021 mendatang. Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), salah satu stadion yang disiapkan sebagai venue Piala Dunia U-20 2021. (Foto: Istimewa/Kemenpora)
Jakarta -

Terkait persiapan Indonesia menggelar Piala Dunia U-20 2021, PSSI-Kemenpora masih menunggu arahan FIFA. Apalagi sejauh ini FIFA belum juga datang ke Indonesia.

Indonesia cuma punya sisa waktu sekitar lima bulan untuk mempersiapkan diri. Di satu sisi, belum banyak promosi yang dilakukan Indonesia karena itu menjadi hak penuh FIFA selaku pemilik hajatan.

Tak hanya itu, enam venue Piala Dunia U-20 juga masih simpang siur. Seharusnya FIFA datang ke Indonesia pada Maret lalu untuk mengecek 10-11 calon venue dan kemudian menetapkan enam venue pilihan mereka.

Karena FIFA tak kunjung datang, pemerintah terpaksa menunjuk enam venue pilihan mereka. Adapun enam venue itu adalah Stadion Utama Gelora Bung Karno, Gelora Sriwijaya, Si Jalak Harupat, Manahan, Gelora Bung Tomo, dan Kapten I Wayan Dipta.

Meski begitu, Indonesia sudah memulai persiapan menggelar Piala Dunia U-20 2021 dengan membentuk kepanitiaan Piala Dunia (INAFOC) yang terdiri dari unsur pemerintah (berbagai kementerian) dan PSSI. Pemerintah fokus di bagian persiapan sementara PSSI kebagian tugas mempersiapkan Timnas Indonesia U-20.

"Piala Dunia berbeda dengan Asia Games. Kalau OCA (Dewan Olimpiade Asia) itu memberikan kewenangan penuh kepada INASGOC (Komite Asian Games Indonesia)," kata Sekretaris Kemenpora Gatot S Dewa Broto kepada wartawan.

"Kami mau promosi seperti apa atau berapa anggarannya itu kan terserah saat Asian Games. Untuk Piala Dunia itu berbeda, seluruh materi komunikasi harus mendapatkan approval dari FIFA," ujarnya menambahkan.

Kini muncul desas-desus Piala Dunia U-20 2021 tak berjalan sesuai rencana. Apalagi, Piala Dunia U-20 ternyata tak masuk dalam kalender resmi FIFA untuk tahun 2021.

Padahal, kejuaraan kelompok usia lainnya seperti Piala Dunia U-17 Wanita hingga Piala Dunia U-20 Wanita terpampang di sana. Belum ada keterangan resmi dari FIFA apakah Piala Dunia U-20 2021 akan berjalan sesuai jadwal pada 20 Mei-12 Juni.

Atas kondisi itu, wajar jika PSSI hingga Pemerintah menyatakan bahwa jadwal Piala Dunia masih sesuai rencana. Pengumuman dari FIFA pun sangat ditunggu.

"Piala Dunia U-20 masih on-schedule selama belum ada surat dan pernyataan resmi dari FIFA," kata Pelaksana Tugas (Plt) Sekjen PSSI Yunus Nusi kepada detikSport.

"Sepanjang tidak ada perubahan (jadwal Piala Dunia U-20) dari FIFA, seperti arahan Pak Menteri (Menpora, Zainudin Amali) show must go on, renovasi terus berjalan," tutur Gatot soal Piala Dunia U-20 2021.

(krs/aff)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com